Pilih-pilih masker duckbill di masa pandemi? Nih 5 rekomendasinya

Kamis, 26 Agustus 2021 | 11:54 WIB ET

SUDAH lebih dari satu tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Pemerintah dan para tenaga kesehatan pun selalu mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk meminimalisir tertular virus tersebut. Mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas sangat dianjurkan pemerintah. Satu lagi yang paling penting adalah selalu memakai masker.

Ada beragam jenis masker yang bisa Anda pilih untuk digunakan ketika sedang berada di luar rumah. Selain fungsi utamanya untuk melindungi, Anda juga harus mencari masker yang nyaman untuk digunakan. Salah satunya adalah masker duckbill.

Dinamakan masker duckbill karena memang bentuk dari masker tersebut menyerupai paruh bebek. Banyak orang yang memilih masker duckbill karena bentuknya yang pas dengan wajah, tidak terlalu besar atau kecil. Tentunya yang paling utama, bentuk masker duckbill mampu menutup hidung dan mulut Anda dengan sempurna. Jadi tidak ada celah untuk masuknya virus corona ke dalam tubuh Anda.

Jenis dari masker duckbill pun ada beberapa macam. Ada masker duckbill sekali pakai yang biasanya berbahan woven, selayaknya masker medis. Sebaiknya, masker duckbill sekali pakai yang Anda gunakan harus memiliki tiga lapisan. Bagian terluar anti air, bagian tengah yang berfungsi memfilter udara, dan bagian paling dalam bisa menyerap air. Jenis masker duckbill yang kedua adalah berbahan kain, yang bisa digunakan berulang kali setelah dicuci.

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli masker duckbill adalah modelnya. Anda bisa memilih model earloop atau tali masker yang dikaitkan ke telinga. Bagi Anda yang menggunakan hijab atau kurang nyaman mengaitkan tali masker ke telinga, bisa memilih model headloop yang dikaitkan ke belakang kepala.

Jika saat ini Anda sedang mencari masker duckbill, berikut ini rekomendasi masker duckbill yang bisa Anda dapatkan saat ini.

1. Sensi

Masker bermerek Sensi bisa dibilang jadi salah satu favorit masyarakat. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya masker sensi yang dijual di apotek atau marketplace yang ada, seperti Shopee. Masker duckbill Sensi menggunakan tiga lapisan kuat yang bisa melindungi Anda dari droplet dan mikroorganisme lainnya.

Masker ini cukup nyaman ketika digunakan karena bahannya yang sangat lembut. Tak hanya bagian maskernya, bagian talinya pun tak kalah nyaman saat disangkutkan di telinga karena berbahan non lateks.

2. Boson

Masker duckbill berikutnya yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Boson. Menggunakan tiga lapisan filtrasi, masker duckbill ini menjamin droplet tidak akan masuk ke hidung atau mulut Anda. Jadi Anda bisa tenang selama berkegiatan di luar rumah. Berbahan nonwoven, masker ini hanya bisa sekali digunakan.

Selain itu, masker duckbill Boson memiliki filter meltblown dengan Bacterial Filtration Efficiency (BFE) mencapai 99%. Itu berarti, bukan hanya droplet, melainkan bakteri-bakteri juga bisa ditangkal oleh masker tersebut. Tali yang digunakan juga tidak mudah putus dan nyaman digunakan di telinga.

3. Alkindo

Jika Anda ingin menggunakan masker duckbill berwarna hitam, merek Alkindo bisa menjadi pilihan. Masker ini menggunakan bahan non latex yang lembut yang bisa melindungi Anda dari droplet, karena mampu menyaring partikel berukuran 0,3 micro milli hingga 95%.

Tali model earloop yang digunakan masker ini juga sangat baik. Tak mudah putus, tapi tidak membuat telinga Anda sakit saat memakainya. Selain warna hitam, Anda juga bisa memilih varian warna putih untuk masker ini.

4. Shumu

Tidak sedikit masyarakat yang tetap memperhatikan penampilan mereka, meski harus terus menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah. Jika Anda salah satu dari orang-orang tersebut, masker duckbill Shumu bisa menjadi pilihan. Masker Shumu memberikan cukup banyak varian warna yang bisa Anda cocokkan dengan pakaian yang Anda gunakan.

Meski begitu, faktor keselamatan tetap menjadi fokus utama dari masker duckbill Shumu. Hal tersebut terlihat dari empat lapisan yang digunakan masker tersebut. Masker ini juga sudah mengantongi izin dari Kemenkes, yang tentunya sudah aman untuk digunakan.

5. iCare

Menggunakan masker selama di luar rumah tak jarang membuat kulit Anda mengalami gangguan. Mulai dari iritasi hingga berjerawat. Masker iCare bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki kulit yang sensitif dan berpotensi untuk mengalami gangguan kulit tersebut.

Masker ini menggunakan bahan hipoalergenik yang menghindari Anda dari reaksi alergi meski digunakan dalam waktu yang lama. Masker ini juga terbukti aman digunakan untuk menghalau virus corona, karena dibuat menggunakan tiga lapisan.

Kelima merek masker duckbill tersebut bisa Anda dapatkan di Shopee. Tidak hanya masker duckbill, Anda juga bisa mencari barang-barang yang berfungsi untuk menjaga diri Anda dari virus corona. Misalnya sand sanitizer dan cairan disinfektan. Anda harus selalu ingat untuk selalu menjalani protokol kesehatan yang ada. Jika tidak ada keperluan mendesak, Anda sangat dianjurkan untuk tetap di rumah saja. kbc10

Bagikan artikel ini: