Ketum Kadin Indonesia apresiasi Sentra Vaksin Forkas Jatim di Surabaya

Jum'at, 27 Agustus 2021 | 12:43 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid, memberikan apresiasi terhadap vaksinasi yang digelar di Jawa Timur (Jatim) yang diinisiasi & difasilitasi oleh Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jatim. 

Hal ini bagian dari usaha Forkas Jatim membantu pemerintah untuk meningkatkan kinerja ekonomi selama masa pandemi ini. “Karena memang kunci dari pertumbuhan ekonomi itu kesehatan masyarakat terjaga. Kuartal ini ekonomi kita tumbuh karena konsumsi ritel dan ekspor tinggi," kata Arsjad, saat berkunjung di sentra vaksinasi di gedung Kencana, Bubutan, Surabaya. 

Arsjad juga menilai agar ekspor nasional lancar itu tergantung pada industri manufaktur. Oleh karena itu, agar industrinya sehat maka karyawannya harus divaksin terlebih dahulu.

"Upaya bersama ini juga mendukung tercapainya kekebalan komunal (herd immunity) sekaligus meringankan beban pemerintah mengejar target vaksinasi nasional, tanpa membebani APBN,” jelas Arsjad. 

Langkah pelaku usaha dalam memfasilitasi vaksinasi bagi para karyawannya, khususnya dalam industri yang padat karya ini merupakan bagian dari program Vaksinasi Gotong Royong yang diinisiasi oleh Kadin Indonesia dengan sejumlah perusahaan, salah satunya di Jatim bersama Forkas Jatim. 

Saat kunjungan di sentra vaksinasi Forkas Jatim di Gedung Kencana, Surabaya, Arsjad melihat prosesi vaksinasi yang disebutnya rapi dan aman. 

Sementara itu, mendampingi Arsjad, Eddy Widjanarko, Ketua Umum Forkas Jatim, mengatakan pihaknya sangat antusias bersama himpunan dan asosiasi usaha lainnya menyediakan sentra vaksinasi ini.

"Selain di Surabaya, juga kami gelar di beberapa daerah dengan sentra industri yang karyawannya banyak. Diantaranya di Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan dan Malang," jelas Eddy, Jumat (27/8/2021). Saat ini asosiasi usaha yang tergabung dengan Forkas mencapai 44 asosiasi dengan 20.488 perusahaan dari berbagai sektor.

Khusus untuk sentra vaksinasi Forkas Jatim di Gedung Kencana Bubutan bersama dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Uniqlo Indonesia, ditargetkan mencapai 100.000 dosis atau 50.000 akseptor untuk Dosis 1 dan 2. Dipekan ini, sentra vaksinasi Gedung Kencana telah memasuki untuk vaksinasi tahap kedua.kbc6

Bagikan artikel ini: