Empat jurus ISEI percepat pemulihan ekonomi nasional

Selasa, 31 Agustus 2021 | 19:11 WIB ET
Ketua Umum ISEI Perry Warjiyo
Ketua Umum ISEI Perry Warjiyo

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) menyiapkan empat strategi pokok untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Strategi ini diharapkan bisa mendukung inisiasi pemerintah dalam memulihkan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19.

Ketua Umum ISEI Perry Warjiyo mengatakan, strategi pertama adalah sinergi antar seluruh pihak dalam mendorong pemulihan ekonomi. Sinergi kebijakan baik fiskal, moneter, dan perbankan akan mampu memajukan ekonomi serta menciptakan lapangan pekerjaan.

"Sinergi ABG yaitu dengan Akademisi perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, Bisnis pelaku usaha, Kadin dan asosiasi profesi perbankan, asosiasi pelaku usaha. Kemudian pemerintah pusat maupun daerah, kementerian/lembaga, dan otoritas lainnya," kata Perry dalam Seminar ISEI 2021 Selasa (31/8/2021).

Kedua, penguatan strategi untuk mendorong inovasi dan implementasi kebijakan reformasi struktural untuk mencapai Indonesia maju melalui hilirisasi sumber daya alam, manufaktur, penguatan mata rantai ekonomi secara lokal, nasional, maupun global.

"Pembangunan infrastruktur konektivitas secara fisik dan digital, pembangunan ekonomi kreatif, kewirausahaan, SDM, teknologi, dan penting adalah pengembangan keuangan hijau ramah lingkungan. Ini peran strategis dari ISEI diperlukan untuk memberikan pemikiran-pemikiran dan solusi konkret," ungkapnya.

Ketiga, yaitu percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan maupun di bidang-bidang lainnya. Gubernur Bank Indonesia (BI) ini menyebut, salah satu upaya yang dilakukan bank sentral adalah mendorong digitalisasi sistem pembayaran bagi seluruh masyarakat.

"Keempat, optimalisasi program pemberdayaan, empowerment dari seluruh pengurusan ISEI di pusat dan daerah. ISEI akan selalu berkomitmen dan bekerja keras mengawal perjalanan pembangunan bangsa ini, khususnya di bidang ekonomi," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: