Hampir rampung, dua pasar swalayan besar Australia siap ramaikan The Grand Eastlakes

Senin, 6 September 2021 | 19:10 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pengembang properti internasional terkemuka, Crown Group tengah mengubah salah satu kawasan di pinggiran timur Sydney, Eastlakes, yang dikenal dengan banyaknya lapangan golf di area tersebut. Kawasan ini sering kali disebut "The Last Hidden Gem" karena terletak di bagian timur kota Sydney yang dikelilingi oleh suburban yang "prestisius".

Crown Group menciptakan apa yang mereka juluki 'The New East' sebuah proyek hunian senilai Rp 10 triliun yang berkembang, berwarna dan kawasan gaya hidup canggih, yang dikembangkan dalam dua tahap, The Grand Eastlakes (sebelumnya dikenal sebagai Eastlakes LIVE).

The Grand Eastlakes merupakan proyek hunian mixed-use terbesar dan termahal dalam sejarah Crown Group yang didirikan pada 1996 oleh Iwan Sunito dan Paul Sathio.

Pendiri dan CEO Crown Group Iwan Sunito mengatakan, pihaknya secara dramatis mengubah kawasan pinggiran Eastlakes dengan membangun desa urban baru yang modern yang akan memberikan kehidupan dan energi baru yang sangat dibutuhkan, optimisme, dan pembaruan ke pinggiran Sydney yang merupakan bagian kota lama namun memiliki lokasi strategis di timur Sydney yang sangat didambakan ini.

"Dikembangkan di kedua sisi Evans Avenue di jantung Eastlakes, proyek pembaruan perkotaan dengan rencana induk dua tahap terdiri dari 490 unit apartemen mewah kelas dunia yang dirancang oleh praktiktisi arsitektur kelas satu yang diakui, fjmt dengan dua kawasan ritel di kedua sisi proyek," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (6/9/2021).

Tahap satu, terletak di sisi utara Evans Ave dan akan dibuka pada bulan Agustus, mencakup 133 unit apartemen indah yang diposisikan di atas pusat perbelanjaan yang memiliki 15 gerai ritel, dilengkapi dengan ALDI yang menempati area seluas 1.600 meter persegi dan Woolworths Metro.

Tahap dua, terletak di sisi selatan Evans Ave dan mulai dibangun pada akhir 2022, terdiri dari 357 unit apartemen yang terletak di atas pusat perbelanjaan ultra-modern tiga lantai seluas 13.000 meter persegi, dirancang oleh Buchan Group, menampilkan 80 gerai ritel kelas atas dan nyaman termasuk Woolworths dan pusat kota komunitas kontemporer termasuk pusat medis dan perpustakaan umum. Pusat kuliner baru akan menawarkan serangkaian restoran dan pilihan bersantap yang menarik di samping apartemen yang memiliki di lima menara hunian vertikal.

Jaringan supermarket besar, ALDI, yang telah menjadi favorit keluarga Australia secara resmi dibuka pada 18 Agustus sebagai pengecer pertama yang membuka dan penyewa jangkar supermarket bersama dengan Woolworths Metro di The Grand Eastlakes, proyek hunian mixed-use baru senilai Rp 10 triliun yang sedang dikembangkan oleh Crown Group.

ALDI adalah merek jaringan pasar swalayan yang menawarkan harga lebih murah milik dua keluarga Jerman dengan lebih dari 10.000 gerai di 20 negara dengan perkiraan omset gabungan lebih dari €50 miliar. Jaringan didirikan oleh saudara Karl dan Theo Albrecht pada tahun 1946 ketika mereka mengambil alih toko ibu mereka di Essen.

ALDI baru akan menempati ruangan yang lebih besar seluas 1.600 meter persegi yang saat ini menjadi standar untuk semua took baru ALDI dan akan menjadi yang pertama dari 15 gerai ritel yang akan dibuka secara progresif bersama dengan semua gerai ritel lainnya secara bertahap sepanjang September 2021.

Gerai ritel lain yang buka sepanjang Agustus 2021 ini termasuk Instyle Hairdressing, SP Mobile, Ausome Nails, Hatch Espresso, Wholelife Pharmacy, Reni's Car Wash, dan gerai kantor berita Australia Post.

Sementara Woolworths Metro akan segera dibuka di The Grand Eastlakes, pada Rabu 8 September 2021 sebagai bagian dari tahap satu komunitas hunian Crown Group, The Grand Eastlakes.

Woolworths  adalah jaringan supermarket dan toko grosir Australia yang dimiliki oleh Woolworths Group. Didirikan pada tahun 1924, Woolworths bersama dengan Coles membentuk hampir duopoli supermarket Australia, menguasai sekitar 80% pasar Australia.

Woolworths Metro baru ini menempati area seluas 436 meter persegi dan akan bergabung dengan 14 gerai ritel lainnya di tahap satu dan akan mencakup berbagai pilihan belanjaan yang nyaman. Setelah selesai, The Grand Eastlakes akan menampung 80 gerai ritel di kedua sisi Evans Ave, menciptakan kawasan perbelanjaan dan kuliner baru yang semarak untuk wilayah tersebut.

Pusat perbelanjaan Woolworths yang lebih lengkap masih beroperasi di Pusat Perbelanjaan Eastlakes yang saat ini masih berdiri, dan akan terus beroperasi hingga konstruksi dimulai di sisi selatan Evans Avenue.

Raksasa supermarket Australia ini bersama-sama dengan ALDI akan menawarkan kenyamanan terbaik bagi penghuni The Grand Residences --dengan 133 unit apartemen mewah di Tahap Satu-- dengan apartemen yang terletak di atas pusat perbelanjaan. Tahap Satu dari The Grand Residences yang terdiri dari 133 unit apartemen mewah akan dibuka segera setelah kawasan ritel beroperasi, pada akhir tahun ini.

Iwan Sunito mengatakan, pembukaan ALDI yang kemudian akan diikuti oleh gerai lainnya termasuk Woolworths Metro menandai tonggak penting bagi pengembangan proyek mixed-use ini dengan telah rampungnya kawasan ritel.

"Ini akan diikuti dengan penyelesaian komponen residensial Tahap Satu The Grand Residences pada akhir tahun ini yang telah mulai dibangun sejak 2018. Para penyewa gerai ritel Pengecer sangat bersemangat tentang visi The Grand Eastlakes dan komunitas yang pada akhirnya akan tinggal dan bekerja di sini," katanya.

Menurut dia, ada permintaan besar untuk ruang ritel berkualitas di area yang mengalami pertumbuhan luar biasa dan transformasi perkotaan seperti Eastlakes. Memiliki penyewa utama yang bereputasi baik seperti Woolworths telah menjadi nilai jual yang besar bagi para pembeli apartemen dengan jaminan akan pertumbuhan dan potensi kawasan pinggiran kota.

Dirancang oleh spesialis arsitektur ritel, Buchan Group, The Grand Eastlakes akan menampilkan langit-langit kayu melengkung sesuai dengan fitur melengkung dari seluruh pengembangan. Pihaknya pun menyambut semua komunitas untuk datang dan menikmati kawasan ritel baru yang menakjubkan ini.

"Kami senang bisa membawa sesuatu yang baru dan segar ke dalam pengalaman berbelanja, terutama untuk Eastlakes dan komunitas suburban timur di sekitarnya," jelas Iwan Sunito.

"Pembukaan The Grand Eastlakes and Residences akan menghembuskan kehidupan baru dan awal dari ‘The New East’ yang dengan senang hati kami berikan kepada masyarakat setempat yang sangat membutuhkan revitalisasi dan modernisasi," imbuhnya.

The Grand Residences dirancang oleh arsitek terkenal, fjmt, pengerjaan proyek hunian multi-tahap The Grand Residences oleh Crown Group ini terdiri dari 490 unit apartemen yang dibangun di delapan menara hunian dan dibagi menjadi dua tahap yang terletak di utara dan selatan Evans Avenue di jantung Eastlakes di pinggiran timur Sydney.

Sisi utara jalan, adalah lokasi pembangunan Tahap Satu, terdiri dari 133 unit apartemen dan ruang ritel seluas 2.800 meter persegi dan akan dibuka untuk umum dan penghuni baru pada November 2021. Sisi selatan jalan, dimana pembangunan  Tahap Dua berlokasi, terdiri dari 357 unit apartemen dan 65 gerai ritel tambahan termasuk town centre dan akan selesai pada kuartal 4/2025.

Fasilitas pengembangan termasuk kolam renang 25m bergaya resor, gym, barbeque, ruang serba guna, taman lanskap, fasilitas makan di atap dan fasilitas hiburan. kbc7

Bagikan artikel ini: