Siap tancap gas saat PPKM turun level, Forkas dan Hippindo percepat vaksinasi di Mojokerto

Senin, 6 September 2021 | 19:23 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Mulai melandainya kasus Covid-19 di wilayah Jawa Timur menumbuhkan rasa optimisme di kalangan pengusaha. Agar wilayah Jatim siap bergerak pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun ke level 2 dari saat ini yang rata-rata masih di level 3, maka Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jatim dan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menggelar vaksinasi di Mojokerto akhir pekan kemarin.

Sentra vaksinasi yang menyasar para pekerja industri, pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dan warga sekitar industri tersebut digelar di PT Kurnia Anggun, Pungging, Kabupaten Mojokerto dengan seribu dosis vaksin.

Antusiasme pekerja untuk ikut vaksin di kawasan tersebut cukup tinggi. Ketua Umum Forkas Jatim, Eddy Widjanarko mengatakan, sentra vaksinasi ini sebagai salah satu upaya dalam mendukung pemerintah untuk mempercepat target vaksinasi.

"Dengan vaksinasi ini diharapkan pekerja, pengusaha IKM, dan warga sekitar di kawasan Pungging, Mojokerto ini bisa terhindar dari Covid 19," kata Eddy dalam keterangan resmi yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Senin (6/9/2021).

Karena saat ini masih vaksinasi inilah yang menjadi harapan untuk bisa mengurangi potensi penularan Covid-19, meski potensi untuk terpapar juga masih ada.

"Karena itu, selain vaksin, protokol kesehatan (prokes) tetap harus dilakukan, terutama 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan," jelas Eddy.

Soal 3M ini sudah banyak dilakukan industri di kawasan Pungging dengan mewajibkan pekerja dan karyawan masuk pabrik dengan pakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan menata tempat kerja dengan yang lebih berjarak.

Prosesi vaksinasi di PT Kurnia Anggun ini telah dilaksanakan pada Sabtu (21/8/2021) lalu dengan dukungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, sebagai penyedia dosis vaksin.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur PT Kurnia Anggun, Johanes Soemarno. Dalam sambutannya, Soemarno mengatakan, pihaknya sangat antusias dengan vaksinasi yang digelar di pabriknya.

"Sebelumnya karyawan atau pekerja kami sudah ada yang mendapatkan vaksinasi dari tempat tinggalnya. Namun jumlahnya tidak begitu banyak, sehingga ketika ada sentra vaksinasi ini, hampir semua pekerja kami sudah tervaksinasi," jelas Soemarno. Tak hanya itu, lingkungan sekitar dari IKM, dan usaha kecil serta warga sekitar juga ikut vaksinasi.

Sementara itu, upaya untuk mendorong peningkatan herd imunity, Forkas Jatim dan Hippindo juga telah membuka layanan sentra vaksinasi di Malang, Pasuruan dan Probolinggo untuk pelaku industri.

Sebelumnya juga telah dilakukan di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Khusus di Surabaya, sentra vaksinasi Forkas dan Hippindo yang digelar di gedung Kencana, Jalan Bubutan, masih berlangsung untuk vaksin dosis kedua.

"Saat ini di Gedung Kencana untuk pelayanan vaksinasi tahap 2 kepada mereka yang tahap 1 juga dilakukan di sentra vaksinasi disini. Targetnya selesai hingga 17 September," pungkas Eddy.kbc6

Bagikan artikel ini: