Bantu penanganan Covid-19, Yamaha donasikan tabung oksigen, alkes dan sembako hingga vaksinasi ke masyarakat

Kamis, 9 September 2021 | 18:49 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com:  Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia mendasari PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) berkontribusi untuk bergerak bersama sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. YIMM berkomitmen untuk senantiasa membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Komitmen perusahaan telah diwujudkan melalui beberapa kegiatan. Sebagai upaya mempercepat terciptanya kekebalan kelompok atau herd immunity YIMM melaksanakan program vaksinasi gratis di pabrik Yamaha untuk karyawan dan masyarakat umum, yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota, Dinas Kesehatan dan Dinas Tenaga kerja Jakarta Timur. Total 16.000 dosis vaksin Covid-19 gratis yang dibagikan secara bertahap sepanjang Juli sampai dengan September 2021 untuk masyarakat.

Selain mengadakan program vaksinasi gratis, kepedulian Yamaha dalam meringankan masyarakat yang terdampak pandemi, juga ditunjukan dengan membagikan 1.000 paket sembako di bulan Juli dan Agustus. Dalam proses penyalurannya, Yamaha turut menggandeng Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Kodim Karawang dan Polres Karawang.

Yamaha juga berkontribusi dalam proses penanganan pasien Covid-19 dengan menyumbangkan tabung oksigen siap pakai kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Total ada sebanyak 50 unit tabung oksigen siap pakai (dengan isi) berukuran 6m3 dan 50 unit regulator oksigen baru yang diserahkan sebagai donasi.

Donasi diserahkan pada Rabu (8/9/2021) di area Pergudangan Bizzpark Kopo, Kota Bandung, Jawa Barat. Penyerahan dilakukan oleh Yahman selaku General Manager, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dan diterima langsung Hanif Mantiq, selaku Direktur Utama PT. Jasa Sarana, yang merupakan BUMD di bawah naungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Nantinya melalui PT Jasa Sarana, seluruh bantuan tersebut akan didistribusikan kembali kepada instansi kesehatan dan rumah sakit, yang ada di 26 kabupaten di seluruh wilayah Jawa Barat.

Executive Vice President dan Chief Operation Officer, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Dyonisius Beti mengatakan, sebagai bentuk sinergi antara pemerintah dengan pihak swasta untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, Yamaha selalu siap dan aktif mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, melalui berbagai wujud bantuan kepada masyarakat. Salah satunya berupa penyediaan sarana tabung oksigen siap pakai, sebagai langkah mitigasi atas lonjakan kebutuhan oksigen di wilayah Jawa Barat.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat meringankan beban para tenaga kesehatan serta pasien yang memang membutuhkan treatment tabung oksigen," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/9/2021).

Jawa Barat menjadi salah satu wilayah yang paling terdampak saat lonjakan signifikan kasus Covid-19 di Indonesia. Lonjakan kasus ini menyebabkan kelangkaan oksigen siap pakai di banyak layanan fasilitas kesehatan (faskes). Oleh karena itu, ketersediaan tabung oksigen menjadi sangat penting dan menjadi hal yang cukup prioritas dalam proses penanganan pasien Covid-19. kbc7

Bagikan artikel ini: