1.020 Botol produk prebiotik Pro EM1 diekspor ke China

Sabtu, 11 September 2021 | 09:15 WIB ET

MALANG - PT Agro Mitra Alimentare (AMA) yang memproduksi minuman prebiotik Pro Em-1 melakukan ekspor perdana dengan tujuan pelabuhan Shanghai, China, Kamis (9/9/2021). Kali ini PT AMA melepas kontainer berisi 1.020 botol.

Direktur Utama PT AMA, Ge Recta Geson mengatakan, ekspor kali ini merupakan yang pertama kalinya bagi PT AMA. Ekspor sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun lalu namun masih dilakukan pengurusan dokumen dan izin ekspor.

"Kemudian rencananya awal tahun ini namun tertunda karena pandemi kembali memuncak sehingga permintaan di dalam negeri meningkat dan kami pun konsentrasi dulu di pasar domestik," jelas Recta.

Diakui Recta, permintaan produk prebiotik Pro Em-1 di pasar domestik selalu meningkat ditengah peningkatan jumlah penderita Covid 19. Padahal produk ini tidak hanya untuk pencegahan dan pengobatan infeksi karena covid 19 saja.

Tapi juga infeksi lainnya. Ia menyebut tentang penyakit yang terkait pencernaan seperti gastritis.

"Jadi ini yang membuat kami edukasi terus tentang produk prebiotik. Dimana produk prebiotik ini bisa bermanfaat untuk banyak hal dan mampu meningkatkan kebaikan usus," jelas pengusaha alumni Fakultas Farmasi Universitas Surabaya tersebut.

Bupati Malang, HM Sanusi yang hadir dalam keberangkatan tersebut, mengakui bangga dengan keberhasilan AMA melakukan ekspor ke Tiongkok.

"Melengkapi ekspor lain dari Kabupaten Malang yang baru-baru ini juga saya hadiri, yaitu ekspor kopi Dampit, ekspor olahan ikan tuna dan pindang juga dari Dampit, serta ekspor sayur Poncokusumo di beberapa negara, seperti Taiwan dan Singapura," ungkap Sanusi.

Sementara itu Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pusat Penny Kusumastuti Lukito yang hadir secara virtual mengatakan suplemen dibutuhkan dalam kondisi sekarang ini.

"Ekspor ini bentuk kemitraan pemerintah dan dunia usaha agar daya saing bangsa terangkat di tataran pasar global," ujar Penny. Ia menambahkan, tidak mudah untuk ekspor produk kesehatan ke Tiongkok karena sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Bagikan artikel ini: