Buka lowongan, Amazon naikkan gaji karyawan jadi Rp255 ribu per jam

Kamis, 16 September 2021 | 12:09 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Amazon menaikkan gaji karyawan dari US$17 per jam atau setara Rp241.400 menjadi US$18 atau Rp255.600 (kurs Rp14.200). Selain itu, perusahaan e-commerce raksasa tersebut juga membidik 125 ribu karyawan baru.

Wakil Kepala Divisi Pengiriman Amazon Dave Bozeman menyebut pihaknya telah menaikkan gaji dari rata-rata US$17 per jam sejak Mei lalu. Di beberapa lokasi, perseroan juga memberi bonus US$3.000 atau tiga kali lipat dari bonus 4 bulan lalu.

Kenaikan gaji ini menunjukkan betapa besarnya keinginan para pengusaha menarik minat pekerja di pasar tenaga kerja AS yang semakin ketat.

Bozeman mengaitkan kenaikan kompensasi terbaru Amazon dengan persaingan yang ketat. Amazon tidak memberikan angka pasti, namun kenaikan US$1 tersebut sekitar 6 persen kenaikan dari gaji sebelumnya.

"Saat ini pasar tenaga kerja sangat ketat dan kami mengalami apa yang dirasakan seluruh industri," kata Bozeman dikutip dari Reuters, Rabu (15/9/2021).

Dia mengatakan Amazon akan mempertahankan gaji pokoknya US$15 per jam dan mempertahankan manfaat seperti mendanai biaya kuliah untuk pekerja dan upah awal setinggi US$22,5 di beberapa daerah. Hal ini, menurut dia, yang membedakan Amazon dengan pengecer online lainnya.

Di sisi lain, CEO Amazon Andy Jassy menyatakan pihaknya menambah setidaknya 100 fasilitas logistik pada bulan ini, secara total lebih dari 250 fasilitas dibuka sejak tahun ini. Sehingga, pihaknya membutuhkan 125 ribu pekerja baru.

Mitra layanan pengiriman eksternal perusahaan membidik bakal mempekerjakan 50 ribu pekerja lagi pada akhir tahun.

Manajer SDM Amazon Nicole Bilich mengatakan gaji yang kompetitif berhasil menarik pelamar ke gudang di Stockton, California yang akan diluncurkan pada Oktober. Tetapi mempekerjakan 2.200 orang dalam tiga sampai empat bulan ia akui bukanlah hal yang mudah.

"Tantangan terbesar yang kami miliki sebenarnya hanyalah jumlah orang yang kami butuhkan," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: