Kemenag optimis ibadah umrah akan segera dibuka bagi jemaah RI

Rabu, 22 September 2021 | 08:26 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah Indonesia optimis Arab Saudi akan membuka pelaksanaan ibadah umrah bagi warga negara Indonesia dalam waktu dekat.

Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Khairizi mengatakan, sejumlah pelonggaran sudah dilakukan pemerintah Arab Saudi terkait larangan masuk dari Indonesia.

Selain itu, Kementerian Agama juga akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi untuk membahas pelaksanaan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia. Diharapkan kunjungan tersebut bakal semakin membuka peluang pembukaan ibadah umrah.

"Meyakinkan mereka bahwa Indonesia siap untuk melaksanakan umrah," jelas Khairizi saat Diskusi Publik Apa Kabar Umrah Kita, Selasa (21/9/2021).

Hal serupa juga disampaikan oleh Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Endang Jumali. Dia bilang, terdapat sejumlah pelonggaran protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah umrah di Arab Saudi.

Salah satunya adalah membuka peluang masuknya jemaah umrah yang telah divaksinasi dua dosis selain empat vaksin rekomendasi Arab Saudi yakni Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Johnson and Johnson. Yakni, jemaah haji harus mendapatkan setidaknya satu suntikan tambahan atau booster dari keempat jenis vaksin tersebut.

Selain itu, jemaah umrah yang telah mendapatkan vaksinasi tidak memerlukan karantina selama di Arab Saudi. Jemaah bisa langsung melakukan ibadah umrah saat tiba di Arab Saudi.

"Tidak ada karantina bagi jemaah umrah yang sudah dua dosis plus satu vaksin booster," ungkap Endang.

Dia juga menyampaikan, potensi naiknya harga perjalanan ibadah umrah. Pasalnya pembatasan penumpang kendaraan 50% dan kamar hotel bagi 2 orang masih diberlakukan.

"Keniscayaan kenaikan harga, ini juga menjadi hal yang sangat-sangat harus kami perhatikan," pungkas Endang. kbc10

Bagikan artikel ini: