Amankan aset negara, PTPN jalin kerjasama dengan Polda Jatim

Rabu, 29 September 2021 | 17:24 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Tiga perusahaan perkebunan bersama dengan empat institusi di Jawa Timur menandatangani nota kesepahaman, Perjanjian Kerjasama, Pedoman Kerja dan Kontrak Kerjasama. Langkah ini sebagai upaya peningkatan pengamanan aset dan produksi serta penegakan hukum di wilayah Provinsi Jawa Timur.

"Kami bagian dari PTPN group, PTPN XI mengantisipasi timbulnya permasalahan yang semakin kompleks di lingkungan perkebunan, terutama saat musim giling atau proses produksi. Antisipasi ini diwujudkan melalui  profesionalisme petugas Satuan Pengamanan serta meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam rangka pengamanan aset yang dikelola PTPN XI guna terlaksananya seluruh kebijakan Pemerintah terkait aset milik Negara. Untuk itu kami melakukan kerjasama dengan berbagai instansi salah satunya saat ini dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur," terang R. Tulus Panduwidjaja Direktur PTPN XI saat penandatanganan kerjasama di Surabaya, Rabu (29/9/2021).

Menurutnya, untuk mempertahankan status kepemilikan, fungsi dan peruntukan aset serta dalam rangka menjaga kondisi aman dan kondusif dalam iklim berusaha di wilayah Jawa Timur, khususnya di lingkungan perkebunan saat musim giling/proses produksi, pihak PTPN dan Kepolisian Daerah Jawa Timur perlu melakukan upaya pengamanan secara terpadu dan maksimal terhadap aset dan produksi.

"Bagian dari agenda optimalisasi aset negara yang kami kelola, maka pengamanan aset menjadi fokus utama kami. Diantaranya mencegah dan  membatasi adanya  penguasaan dan penyerobotan aset oleh pihak lain, mempertahankan dan menjaga aset sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsi dan peruntukannya, dan mencegah dan mengantisipasi permasalahan yang timbul saat berlangsungnya musim giling/proses produksi," ujarnya.

Selain itu upaya penegakan hukum, pertukaran informasi, Pengamanan Aset dengan Bantuan personel pengamanan, Dukungan sarana dan prasarana pengamanan dan Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya petugas Satuan Pengamanan menjadi ruang lingkup kerjasama nantinya. "Kami berharap upaya yang kami lakukan nanti berjalan dengan baik," tutup Tulus.

Hadir dalam kegiatan yang bertempat di Mapolda Jawa Timur antara lain Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Direktur masing-masing PTPN yakni PTPN X, PTPN XI dan PTPN XII serta pimpinan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim, DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Wilayah Jatim, dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.kbc6

Bagikan artikel ini: