Anak usaha BUMI raih Subroto Award, jadi pembayar PNBP terbesar

Jum'at, 1 Oktober 2021 | 07:09 WIB ET

JAKARTA - PT Bumi Resources Tbk (BUMI), produsen batubara terbesar di Indonesia, kembali meraih penghargaan melalui unit usaha PT Kaltim Prima Coal (KPC) dalam Subroto Award 2021 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. Kali ini meraih dua penghargaan sekaligus, yakni dalam bidang Wajib Pajak dengan Kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar untuk PKP2B dan Efisiensi Energi.

Dua penghargaan ini telah diterima KPC pada acara virtual penganugerahan Subroto Award, Selasa (28/9/2021). Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif dan diterima oleh Chief Executive Officer (CEO) Ido Hotna Hutabarat.

Penghargaan Subroto tahun 2021 merupakan penghargaan kali ke empat sejak diadakan pada tahun 2017. Penghargaan ini merupakan yang tertinggi di bidang energi dan sumber daya mineral, yang diberikan kepada perusahaan dengan kinerja terbaik di sektor tersebut. Penghargaan Subroto sekaligus digelar dalam rangka menyambut Hari Pertambangan dan Energi ke 76, tahun 2021, selain sebagai bentuk penghormatan terhadap Profesor Subroto, Menteri ESDM tahun 1978-1988. Profesor Subroto dianggarap sebagai guru dan peletak dasar pengembangan energi dan mineral di Indonesia.

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie menyampaikan, penghargaan ini merupakan bukti bahwa grup BUMI selalu patuh membayar PNBP kepada negara dan memiliki komitmen tinggi terhadap efisiensi energi. BUMI adalah penyumbang terbesar ke kas Negara – dalam hal royalti dan devisa hasil ekspor, serta termasuk dalam pembayar pajak terbesar di Indonesia.

"Perseroan juga berfokus dalam memanfaatkan penggunaan berbagai produk domestik. Terima kasih kepada Menteri ESDM atas penghargaan Subroto Award tahun 2021 yang dianugerahkan kepada KPC sebagai pemenang, serta apresisasi yang tinggi atas dukungan Pemerintah Daerah dan masyarakat, khususnya Kabupaten Kutai Timur," ujarnya.

Menteri ESDM Arifin Tasrif pada kesempatan penganugerahan penghargaan Subroto mengutarakan kontribusi sektor ESDM dalam pembangunan nasional.

"Dari tahun ke tahun, sektor ESDM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Besarnya kontribusi sektor ESDM ditunjukkan pada penerimaan Negara hingga Juli 2021 yang mencapai Rp 141 triliun. Angka penerimaan ini lebih tinggi 103 persen dibanding periode yang sama tahun lalu," kata Tasrif.

Bagikan artikel ini: