Musim giling bakal usai, PTPN XI mulai siapkan tebu untuk 2022

Minggu, 3 Oktober 2021 | 19:14 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Perkebunan Nusantara XI atau PTPN XI mulai bersiap menyediakan bahan baku untuk giling tahun depan dengan target 180 ton per hektar. Hal ini seiring dengan akam berakhirnya masa giling tebu tahun ini.

Hal ini diungkapkan oleh Komisaris Utama PTPN XI, Osmar Tanjung saat melakukan kunjungan ke Kebun HGU PG Djatiroto Sabtu (2/10/2021) untuk menjalankan fungsi pengawasan Dewan Komisaris.

"Masa giling tebu sebentar lagi berakhir, PTPN XI harus siap-siap menyediakan bahan baku untuk giling tahun depan. Dari lahan yang kami kunjungi, Kami optimis tahun depan protas tebu PTPN XI akan meningkat. Protas beberapa kebun ada yang mencapai 180 ton per hektar. Harapan kami ini menjadi acuan bagi kebun lainnya, termasuk juga penyediaan benih unggul baik untuk kebun sendiri maupun untuk petani," ungkap Osmar Tanjung.

PTPN XI sebagai bagian dari PTPN Group juga mendukung permintaan pemenuhan benih tebu untuk petani yang pernah disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Untuk itu, PTPN XI akan melakukan sosialisasi keunggulan benih tebu yang dikembangkan PTPN XI, dan peningkatan tata kelola varietas tebu melalui Warung Tebu serta pembangunan Kebun Bibit Datar (KBD).

"Kita siapkan konsep Warung Tebu untuk tempat belajar petani, uji coba varietas dengan beragam pola tanam (semacam display) kebun tebu yang ditanami dengan beberapa varietas," ungkap Senior Executive Vice President Operation PTPN XI, Agus Setiono.

Warung Tebu dikenalkan kepada petani agar nantinya sebagai tempat belajar bersama, sehingga mereka bisa melihat sendiri keunggulan dan kesesuaian kebutuhan benih dalam upaya perbaikan produktivitas tebu di masa datang.

"Kami juga membantu permintaan benih tebu berkualitas melalui Puslit PTPN XI dan pembangunan kebun KBD," jelasnya.

Kunjungan ke Kebun Rojopolo dan Genitri PG Djatiroto tersebut diikuti juga oleh SEVP Operation, SEVP Bussines Support, General Manager PG Djatiroto dan jajaran. PG Djatiroto terletak di kabupaten Lumajang Jawa Timur dan merupakan salah satu pabrik gula yang dimiliki PTPN XI Group dibawah pengelolaan PTPN XI.kbc6

Bagikan artikel ini: