Bakal caplok 3,5 miliar saham Trimegah Sekuritas, ini kata Boy Thohir

Selasa, 5 Oktober 2021 | 14:40 WIB ET
Boy Thohir
Boy Thohir

JAKARTA, kabarbisnis.com: Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir atau Boy Thohir bakal mengakuisisi saham PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM).

Mengutip laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (5/10/2021), Boy akan mengambil alih 3,5 miliar saham milik Advance Wealth Finance Ltd atawa 49,23 persen dari seluruh saham yang dikeluarkan oleh Trimegah Sekuritas.

Kakak kandung Menteri BUMN Erick.Thohir ini telah melakukan proses negosiasi dengan Advance Wealth Finance. Kedua belah pihak juga telah menandatangani term sheet yang belum mengikat dalam rangka rencana pengambilalihan saham Advance Wealth Finance di Trimegah Sekuritas.

Menurut Boy, saat ini proses pengambilalihan saham masih berlangsung. Dalam pengumuman yang disampaikan di media massa, Boy Thohir sudah meneken term sheet yang belum mengikat dalam rangka rencana pengambilalihan saham TRIM.

"Masih dalam proses, nanti saya akan update lebih detail," kata Boy Thohir seperti dikutip, Selasa (5/10/2021).

Hanya saja, Boy tidak merinci lebih lanjut mengenai besaran nilai investasi yang digelontorkan dan latar belakang rencana pengambilalihan saham perusahaan sekuritas tersebut sejalan dengan inisiasi rencana IPO Go-To ke pasar saham. Pasalnya, Garibaldi tercatat sebagai Komisaris Independen di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek).

"Intinya saya sangat optimis dengan masa depan perekonomian Indonesia pasca Covid-19 dan tentunya juga terhadap pasar modal Indonesia apalagi banyak banget para millenial yang sekarang aktif di Bursa Efek Indonesia," bebernya.

"Tujuan dari rencana pengambilalihan adalah untuk investasi dan pengembangan bisnis calon pengendali baru di pasar modal Indonesia," imbuh Boy.

Dia mengaku akan memperhatikan dan memenuhi ketentuan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku, khususnya POJK Nomor 9 Tahun 2018. Setelah proses akuisisi selesai, Boy akan melaksanakan penawaran tender wajib sesuai dengan POJK Nomor 9.

Harga saham Trimegah Sekuritas terpantau melemah pada perdagangan siang ini. Saham emiten berkode TRIM itu bertengger di level Rp356 per saham atau melemah 2,73 persen pada pukul 11.01 WIB.

Meski begitu, harga saham Trimegah Sekuritas terlihat bergerak positif sejak awal 2021 hingga perdagangan terakhir. Jika diakumulasi, harga saham perusahaan melonjak 280 persen secara year to date (ytd).

Sementara, harga saham Trimegah Sekuritas tercatat naik 173 persen dalam 6 bulan terakhir. Kemudian, harga saham menguat 198 persen dalam 3 bulan terakhir.

Begitu juga jika dilihat dalam 1 bulan terakhir yang menguat 39,06 persen. Lalu, harga saham naik 8 persen dalam 1 pekan terakhir. kbc10

Bagikan artikel ini: