Pemerintah targetkan rasio elektrifikasi 100% di tahun depan

Rabu, 6 Oktober 2021 | 09:22 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah menargetkan semua rumah tangga akan teraliri listrik pada tahun depan. Di tahun 2022, pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi ditargetkan mencapai 100%.

Demikian disampaikan Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam konferensi RUPTL PLN 2021-2030, Selasa (5/10/2021).

"Pemerintah terus meningkatkan bauran energi serta akses masyarakat terhadap listrik melalui target rasio elektrifikasi 100% pada tahun 2022," katanya.

Arifin mengatakan, untuk memenuhi target tersebut pihaknya berupaya memenuhi listrik di seluruh desa dan dusun terutama di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T). Untuk itu, pemerintah akan menyisir rumah tangga yang tidak mampu melakukan pasang listrik.

"Penyisiran dilakukan terhadap rumah tangga yang tidak mampu membayar biaya pasang baru pada daerah yang telah berlistrik. Kita memiliki program bantuan pada baru listrik atau BPBL melalui anggaran APBN sejumlah 80 ribu sambungan untuk tahun 2022," katanya.

Selain itu, pihaknya akan mengoptimalkan pembangkit energi baru terbarukan sesuai dengan potensi wilayah setempat.

"Pelayanan tenaga listrik bagi masyarakat pedesaan yang berada di wilayah 3T yang selama ini dilayani oleh pembangkit lsitrik diesel, didorong diganti dengan pembangkit EBT sesuai dengan potensi setempat," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: