Youtuber Ridwan Hanif bongkar kunci sukses Suzuki XL7 sebagai 'Car of The Year 2020'

Senin, 11 Oktober 2021 | 16:31 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kendaraan low sport utility vehicle (LSUV) andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yakni Suzuki XL7 berhasil mendapatkan penghargaan sebagai "Car of The Year" di ajang Otomotif Award 2020.

Penyematan itu tentu tak main-main. Tim juri sudah melakukan pengujian menggunakan metode khusus ke beberapa segi, di antaranya dari sisi fitur, handling, desain, performa, harga, hingga konsumsi bahan bakar.

Prestasi ini sekaligus menjadi bukti bahwa mobil produksi dalam negeri ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Padahal, mobil ini belum lama dirilis di pasaran. Suzuki XL7 baru saja diluncurkan pada 15 Februari 2020 lalu.

Tentu banyak masyarakat yang bertanya apa saja keunggulan yang dimiliki Suzuki XL7 hingga predikat yang diidam-idamkan para produsen otomotif di Tanah Air tersebut disematkan pada mobil ini.

Nah, guna mengulik lebih dalam hal itu, United Motors Centre (UMC) selaku authorized dealer mobil Suzuki wilayah Jawa Timur menggelar Automotive Talk dengan menghadirkan Youtuber otomotif kondang Ridwan Hanif. Kegiatan yang digelar secara virtual tersebut berlangsung Sabtu (9/10/2021).

Ridwan Hanif menuturkan, ada banyak hal yang membuat banyak orang, termasuk dirinya, menyukai Suzuki XL7.

Pertama, mobil Suzuki XL7 bisa digunakan untuk semi offroad karena punya ground clearence tinggi dan kaki-kaki dibuat lebih kuat melibas medan jalanan pedesaan maupun perkotaan.

"Ground clearancenya yang dibuat lebih tinggi mencapai 220 mm. Ini jadi salah satu faktor menggoda bagi orang Indonesia," sebutnya.

Kedua, dari segi desain eksteriornya. "Saya suka bagian depan XL7, terlihat gagah, kuat dan layout lampu LED-nya bagus. Untuk warna favorit bagi saya adalah yang oranye, warna ini terlihat lebih eye catching, dan ini juga yang membuat banyak orang, termasuk saya kepincut dengan XL7, karena pasti bangga jika mobilnya terlihat keren di mata orang lain," jelasnya.

Ketiga, adalah elektrik mirror-nya yang bisa difungsikan sebagai dash cam. Adalah fitur Smart E-Mirror yang memungkinkan visibilitas ke belakang lebih luas lewat tampilan di spion tengah.

"Bukan hanya itu, kaca spion ini juga bisa dijadikan kamera dan merekam mirip dashcam, cuma bedanya ini bisa merekam baik kondisi jalan di depan atau pun di belakang," ulas Ridwan.

Tak hanya itu,dia juga memuji kecanggihan Suzuki XL7 pada fitur AC yang sudah digital, di mana pengendara tinggal atur suhunya atau pilih auto, maka otomatis akan menyesuaikan.

Ridwan Hanif menambahkan, mobil ini juga irit dan bandel. Hal itu sudah dia buktikan saat mengendarai Suzuki XL7 milik temannya, yang ternyata selain difungsikan untuk mobil keluarga juga untuk menunjang usahanya.

"Mobil ini juga dan dipakai berdagang bolak balik untuk ke luar kota, karena memang bangku baris kedua dan ketiga bisa dilipat, sehingga lebih fleksibel untuk mengangkut barang. Bahkan, meski batu setahun odometernya pun sudah 50 ribu. Meski demikian, performa XL7 ini tetap enak serasa mobil baru, karena larinya yang masih kencang dan irit konsumsi bahan bakar," ungkapnya.

Untuk diketahui, Suzuki XL7 hadir dengan tiga tipe. Tipe pertama adalah Alpha, lalu ada Beta dan yang terakhir Zeta. Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini telah dilengkapi rem ABS, EBD, dual SRS airbags, jok ISOFIX, kunci immobilizer, sensor parkir, dan alarm.

Kemudian, tersedia juga fitur Hill Hold Control (HHC) dan Electronic Stability Program (ESP) yang sebelumnya sudah tersedia pada Ertiga Sport.

Di bangku bagian depan, tengah dan belakang juga ada soket pengisian daya 12 volt. Ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Suzuki XL7 dalam menggoda calon konsumennya.

Penjualan positif

Tak heran, dengan beragam fitur dan keunggulan yang dimiliki, Suzuki XL7 mendapat animo positif dari konsumen.

Data PT Suzuki Indomobil Sales menyebut, kehadiran Suzuki XL7 mampu mendongkrak penjualan Suzuki di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda. Penjualan wholesales (pengiriman ke dealer) Suzuki XL7 naik 103 persen secara bulanan pada Agustus 2021. Pada saat yang sama pengiriman ke konsumen naik 33 persen.

Begitupun dengan All New Ertiga yang juga mendapat insentif PPnBM 100 persen. Wholesales mobil ini naik 174 persen untuk periode yang sama. Sedangkan untuk retail naik 60 persen.

Di luar produk yang mendapat insentif PPnBM, penjualan New Carry Pick Up naik 51 persen untuk wholesales dan 40 persen untuk retail sales.

Sementara itu Marketing Manager United Motors Centre (UMC) Yuanita Christanti mengatakan bahwa Suzuki XL7 memang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan mobil jenis SUV dengan fitur lengkap dan harga yang bersahabat. Sejak meluncur di Jatim pada Maret 2020, penjualan Suzuki XL7 sangat fantastis.

Sepanjang September 2021, penjualan Suzuki XL7 di Jawa Timur sebanyak 155 unit, sementara Januari-September mencapai 1.385 unit. Sedangkan Suzuki New Ertiga, penjualan pada September 2021 di Jatim sebesar 195 unit, sementara pada Januari-September 2021 mencapai 2.018 unit.

"Kami bersyukur selain didorong oleh relaksasi PPnBM oleh pemerintah, positifnya penjualan ini juga karena supply dari pabrikan ke konsumen lancar," ujarnya. kbc7

Bagikan artikel ini: