Pertamina bantah BBM jenis Premium bakal dihapus

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pertamina (Persero) membantah kabar bahwa BBM jenis Premium akan dihapus dan akan diganti dengan Pertalite di seluruh Indonesia pada 24 Oktober 2021 mendatang.

"Tidak benar informasi yang menyebutkan bahwa Premium akan dihapus di seluruh Indonesia pada 24 Oktober 2021," kata Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman seperti dikutip, Minggu (17/10/2021).

Dia menjelaskan, hal itu sesuai dengan regulasi Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014 dan Peraturan Presiden nomor 43 tahun 2018, Premium merupakan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) dan Pertamina berkomitmen menjalankan penugasan tersebut dengan tetap menyalurkannya sesuai ketentuan.

Namun demikian, Pertamina terus melakukan edukasi kepada konsumen dan upaya mendorong penggunaan BBM dengan kualitas lebih baik serta lebih ramah lingkungan, melalui program Langit Biru.

Sehingga, saat ini masyarakat sudah mulai beralih ke BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan seperti Pertamax dan Pertalite, sehingga proporsi konsumsi Premium memang terus menurun.

"Di samping menyediakan Premium, Pertamina juga menyalurkan jenis BBM lainnya. Sampai saat ini stok BBM mencukupi dan penyaluran seluruh produk BBM berjalan baik, termasuk program BBM 1 Harga ke daerah 3 T," jelasnya.

Sebelumnya pemerintah memang berencana akan melakukan penghapusan BBM jenis premium pada tahun 2022 mendatang karena berpotensi menambah beban perekonomian di tengah masyarakat. kbc10

Bagikan artikel ini: