Dukung program SDGs, PLN Peduli bantu pengembangan energi bersih

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:41 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT PLN (Persero) UIP JBTB melalui Unitnya PLN UPP JBTB 2 kembali menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ke daerah sekitar transmisi PLN. Kali ini PLN kembali memberikan bantuan instalasi biogas ke Desa Banjardowo Kabupaten Jombang yang berada di sekitar SUTT 150 kV Jatigedong-Ngimbang. SUTT 150 kV Jatigedong - Ngimbang ini rencananya akan beroperasi tahun 2022 dan nantinya akan memperkuat keandalan sistem kelistrikan di Pulau Jawa.

Desa Banjardowo yang merupakan Mitra Binaan PT PLN (Persero) ini telah memasuki tahun ke 3 dari Bantuan yang diberikan PLN, dimana pertama kali diberikan di tahun 2019. Bantuan ini diselaraskan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan kesepakatan pembangunan pemimpin dunia dimana Indonesia merupakan salah satu negara yang tergabung di dalamnya. Perkuatan keandalan sistem kelistrikan dan Penambahan instalasi biogas ini dimaksudkan agar masyarakat Banjardowo dapat menjadi Desa yang memakai energi bersih untuk dimanfaatkan dalam kebutuhan sehari-hari.

Saat ini, pemakaian biogas, utamanya digunakan masyarakat dalam kebutuhan memasak sehari-hari. Sehingga bantuan yang diberikan sangat dirasakan secara nyata dampaknya. Sedangkan dengan rencana beroperasinya SUTT 150 kV Jatigedong-Ngimbang akan sangat membantu masyarakat dalam perkuatan kelistrikan, yang mana listrik sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari penerangan, kebutuhan untuk belajar, dalam menjalankan usaha, serta kebutuhan penggunaan elektronik yang sekarang ini menjadi kebutuhan utama masyarakat. Dengan tersedianya listrik akan membantu perekonomian setempat yang akan mempercepat pertumbuhan ekonomi secara merata di seluruh daerah.

Sejak menjadi Mitra Binaan PLN, Desa Banjardowo ini telah berhasil memenangkan beberapa penghargaan antara lain diantaranya juara III dari Lomba Kader Pemberdayaan Masyarakat Berprestasi Kabupaten Jombang 2020 yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah Kabupaten Jombang , Juara 2 CSR Award tahun 2020 kategori Program mendukung kinerja PLN dan menang dalam Indonesia Green Award (IGA) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR dengan Kategori Kategori Rekayasa Teknologi dalam Menghemat Energi/Penggunaan Energi Baru Terbarukan. Dengan didapatnya penghargaan ini menjadi salah satu bukti kepedulian PLN untuk daerah sekitar transmisi PLN, dimana melalui bantuan TJSL serta melalui pembangunan instalasi kelistrikan, Desa dapat terbangun dengan baik.

"PLN terus mengusahakan yang terbaik bagi masyarakat, termasuk melalui pemberian bantuan TJSL ke daerah sekitar transmisi PLN. Desa ini merupakan salah satu bukti kepedulian PLN, hal ini terlihat dengan bertambahnya instalasi biogas setiap tahun sehingga hasil dari biogas dapat dipakai masyarakat. Tidak hanya itu, namun PLN telah berhasil membina Desa Banjardowo sehingga Desa ini telah berhasil memenangkan beberapa penghargaan yang diselenggarakan oleh lembaga yang berbeda. Ke depannya diharapkan Desa ini dapat semakin maju melalui perkuatan keandalan sistem dari Jaringan SUTT 150 kV Jatigedong-Ngimbang," ujar Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP JBTB, Ratih Kusuma Dewi.

Penerima manfaat Desa Banjardowo, Carik Banjardowo yang juga Ketua Kelompok Lembu Jalak, Achmad Saefudin, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pembinaan dari PLN.

"Terima kasih kepada PLN karena Bantuan TJSL nya Desa kami dapat lebih maju. Bantuan PLN selama 3 tahun berturut-turut ini sangat membantu kami secara langsung. Tidak hanya itu kami juga berterima kasih karena PLN selalu mengusahakan keandalan sistem kelistrikan termasuk di Desa Banjardowo. Listrik ini tentunya akan kami butuhkan untuk berbagai aktivitas harian kami serta penting untuk pengembangan perekonomian di Desa kami karena tidak dapat dipungkiri sekarang semua usaha membutuhkan listrik," tutur Achmad.

Ke depannya, diharapkan sinergi antara PLN dengan masyarakat sekitar transmisi PLN akan semakin erat dan harmonis serta dapat saling mendukung terutama dalam mendukung pembangunan ketenagalistrikan.kbc6

Bagikan artikel ini: