Acer hadirkan Green PC Laptop Aspire Vero berbahan daur ulang

Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:21 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Jumlah sampah elektronik memang terus bertambah, tetapi jangan menyerah menyelamatkan lingkungan.

Pasalnya, beberapa produk telah menerapkan beberapa inovasi untuk tetap menjaga keberlangsungan alam meski belum secara total.Nah, seperti yang baru dilakukan Acer usai merespons perhatian warga dunia terhadap masalah lingkungan.

Lewat produk laptop Acer Aspire Vero yang juga disebut green PC ini, pihak Acer memanfaatkan plastik yang didaur ulang untuk dijadikan material kerangka sasis laptopnya.Plastik yang dipakai adalah yang sebelumnya pernah digunakan konsumen, atau plastik post-consumer recycled (PCR). 

Acer mengklaim menggunakan plastik PCR sebanyak 30 persen, sementara pada bagian keyboard terdapat 50 persen elemen plastik PCR yang menghemat sekitar 21 persen emisi lingkungan dari penggunaan plastik murni. Tidak berhenti di sana, 99 persen panel layarnya juga terbuat dari panel yang nantinya dapat didaur ulang.

Integrasi material plastik PCR pada laptop Acer Aspire Vero dilakukan secara menyeluruh sehingga mendukung keutuhan desain."Eco-design" laptop ini dapat dilihat dari posisi unik tombol R dan E yang diposisikan berlawanan untuk mengingatkan pengguna terhadap proses daur ulang dengan aksen kuning yang trendi.

Struktur honeycomb pada chassis menghasilkan kerangka yang lebih kuat dan permukaan lapisan bertekstur bebas cat menjadikan permukaan sangat lembut dengan aksen kuning unik yang dihasilkan dari proses daur ulang dan bermakna ajakan untuk mengurangi polusi.Selain material, misi keberlanjutan diwujudkan dalam fitur khusus software VeroSense yang dapat memperpanjang usia baterai dan menghemat penggunaan listrik.

Dikemas dalam kotak terbuat dari kertas daur ulang, Acer Aspire Vero merupakan laptop dengan elemen daur ulang terbanyak di kelasnya.Seiring dengan peluncuran Acer Aspire Vero, Acer memulai program Green Deeds yakni ajakan hidup hijau melalui media sosial pertama di Indonesia.

"Kehadiran laptop eco-friendly Acer Aspire Vero merupakan wujud komitmen keberlanjutan Acer dalam operasi dan pengembangan produk. Material laptop maupun kemasannya terbuat dari bahan daur ulang serta dilengkapi fitur khusus penghematan energi," tutur Fransisca Maya, Head of Marketing Acer Indonesia dalam keterangannya, Selasa (26/10/2021).

Menurut Maya, pengembangan produk green PC ini merupakan bagian dari misi keberlanjutan Acer dalam segala operasinya. Meski saat ini baru 50 persen material terbuat dari bahan ramah lingkungan, pihaknya akan memberikan performa yang terbaik.

"Dengan desain yang trendi, performa yang mumpuni, dan material unik, Acer Aspire Vero diharapkan dapat menjadi laptop pilihan mereka yang berjiwa muda yang ingin ikut ambil bagian dalam melestarikan lingkungan," ujarnya lagi.

Komitmen ini tak hanya ada dalam produk terbarunya Acer di green PC, namun sejak Juni 2021, Acer dan para pegawainya serta mitra bisnis menegaskan komitmen keberlanjutan lewat program Earthion.

"Kami akan mendorong terobosan dalam menjawab tantangan lingkungan. Di Indonesia, wujud nyata lain yang kami inisiasi adalah ajakan Green Deeds untuk anak-anak muda melalui media sosial. Acer Aspire Vero adalah salah satu wujud komitmen tersebut. Kami berharap ajakan kami untuk ikut menjaga Bumi mendapat respons positif dari konsumen Indonesia," ujarnya lagi menambahkan.

Selain materialnya yang ramah lingkungan, Fransisca menambahkan, Acer Aspire Vero tetap mengedepankan performa unggulan melalui penggunaan prosesor penuh tenaga, yakni Intel Core Generasi ke-11 dan grafis Intel Iris Xe, yang sanggup mendukung kegiatan sehari-hari penggunanya.

Acer Aspire Vero tetap tangguh dengan bekal  prosesor Intel Core i5-1155G7 Generasi ke-11 dan grafis Intel Iris Xe yang dapat mendorong produktivitas penggunanya. Dengan dukungan sistem operasi Windows 11 terbaru, perangkat ini memberikan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman dan modern ditampilkan dalam panel layar IPS 15,6 inci resolusi Full HD yang jernih serta area pandang luas.

Alokasi ruang ekstra dan penggunaan ukuran sekrup standar pada Aspire Vero memudahkan proses perbaikan atau upgrade, sehingga memperpanjang usia penggunaan perangkat.Kotak kemasan laptop ini 85 persen terbuat dari kertas daur ulang dengan tinta dari kedelai dan setelah digunakan, kotak kemasan ini pun dapat sepenuhnya didaur ulang.

Selain itu, kotak laptop juga dapat digunakan kembali sebagai penyangga laptop untuk menambah kenyamanan penggunaan.kbc11

Bagikan artikel ini: