Esthi Susanti Hudiono raih Kartini Award 2010

Senin, 19 April 2010 | 14:48 WIB ET
Esthi Susanti Hudiono (istimewa)
Esthi Susanti Hudiono (istimewa)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Surabaya Plaza Hotel (SPH) bekerjasama dengan Komisi Pemberdayaan & Studi Wanita Universitas Airlangga (KPSW Unair ) menganugerahkan Kartini Award 2010 kepada Esthi Susanti Hudiono.

Ajang tahunan yang digelar SPH sejak 1995 dan tahun ini mengambil tema hukum, memberikan penghargaan pada kaum perempuan yang berprofesi unik dan mewarisi semangat serta cita-cita R.A. Kartini.

“Ibu Esthi dinilai berprestasi luar biasa, karena menjadi inisiator penggagas dan perumus Peraturan Daerah [Perda] Propinsi Jawa Timur no. 5 Tahun 2004 tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS,” jelas Sri Indah Nurhidayati, salah satu tim juri Kartini Award 2010, di di Café Taman SPH, Senin (19/4/10).

Perda yang digagas Ibu Esthi, lanjutnya, merupakan Perda pertama di Indonesia tentang HIV/AIDS dan kemudian diadopsi oleh 7 perda tingkat propinsi dan 128 perda tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Esthi meraih Kartini Award 2010 setelah menyisihkan dua kandidat kuat lainnya, yaitu Wuri Handayani dan Nur Lailiyah. Wuri adalah inisiator adanya perda tentang aksesibilitas fasilitas publik bagi penyandang cacat dan yurisprudensi bagi kasus diskriminasi penyandnag cacat.

Sedangkan Nur Lailiyah adalah Koordinator Divisi Pendamping Korban di lembaga Samitra Abhaya Kelompok Perempuan Pro Demokrasi, walau bukan dari kalangan praktisi hukum, namun dedikasinya terhadap pendampingan korban sangat besar.

Business Communication Executive SPH Mervina Fatima Zehra menambahkan, tema hukum sengaja dipilih untuk Kartini Award 2010 karena selama ini banyak yang beranggapan bahwa kerasnya hukum hanya bisa ditaklukan oleh kaum laki-laki.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kaum perempuan pun bisa eksis dan memiliki kemampuan di bidang hukum,” ungkapnya. Mervina berharap Kartini Award dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menghargai karya dan eksistensi seorang wanita. kbc2

Bagikan artikel ini: