All New Avanza dan Veloz sudah bisa dipesan di Jatim, dibanderol mulai Rp211 juta

Rabu, 10 November 2021 | 21:56 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan dua model terbaru mobil penumpang yang terkenal, yakni All New Avanza dan All New Veloz pada Rabu (10/11/2021). Tak hanya di Jakarta, peluncuran kendaraan low multipurpose vehicle (LMPV) ini juga dilakukan di Jawa Timur di hari yang sama.

All New Avanza dan All New Veloz tampil benar-benar berbeda dengan model sebelumnya, dengan desain dan sejumlah fitur canggih terbaru.

General Manager Auto2000 Area Jawa Timur, Judianto menuturkan, All New Avanza dan All New Veloz dirancang untuk merepresentasikan era baru mobilitas. "Toyota bersama Auto2000 menghadirkan All New Avanza dan All New Veloz untuk keluarga Indonesia yang mendambakan MPV stylish dan modern, sekaligus nyaman dan aman di jalan," katanya pada peluncuran All New Avanza dan All New Veloz di Surabaya, Rabu (10/11/2021).

Dikatakannya, kedua model terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia diproduksi di Indonesia dan ditawarkan sebagai model global.

All New Avanza ini generasi ketiga yang diluncurkan sejak pertama kali hadir di Indonesia 18 tahun lalu. Sedangkan All New Veloz menjadi generasi kedua sejak diluncurkan pertama kali pada 2011.

All New Avanza dan All New Veloz menggunakan platform baru, yakni FF Platform terbaru yang mengusung konsep front engine dan front wheel drive. Penggunaan platform baru ini juga diklaim membuat ruang kabin menjadi lebih luas dan pengaturan kursinya menjadi lebih fleksibel.

Pada Toyota Avanza terbaru, tetap dipertahankan ground clearance yang tinggi dan kini memiliki radius putar 4,9 meter. MPV 7-seater ini juga sudah mengusung sistem transmisi CVT dan mesin 1.3L serta 1.5L pada Avanza terbaru ini juga diklaim lebih efisien bahan bakar sebesar 15 persen.

Dari segi desain, All New Avanza mengalami perubahan yang sangat signifikan. Lampu depannya hadir dengan desain baru dan sudah menggunakan LED, desain fog lamp baru, dan lampu belakangnya juga punya desain baru dan sudah LED. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur smart entry, push start button, serta head unit baru yang kini ukurannya sudah 9 inci.

Kemudian juga terdapat sejumlah fitur keselamatan seperti Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, dan Toyota Safety Sense (TSS). Teknologi TSS ini terdiri dari sejumlah fitur keselamatan seperti Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Lane Keeping Control, Automatic High Beam, Adaptive Driving Beam, dan Front Departure Alert.

Tidak hanya itu, Avanza terbaru ini juga sudah dilengkapi fitur canggih terbaru Toyota, yakni T Intouch. Fitur ini merupakan pengalaman konektivitas digital yang menampilkan beberapa fitur seperti Find My Car dan Geofencing.

Dari sektor dapur pacu, All New Avanza menggunakan mesin 1NR-VE 1.329cc 4 silinder bertenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm. Sementara varian mesin keduanya menggunakan 2NR-VE 1.496cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.

All New Avanza hadir dalam empat tipe, yakni 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Sama dengan All New Avanza, Veloz terbaru juga menggunakan platform baru Front Engine - Front Wheel Drive (FF) dipadukan dengan New Developed Suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik spring rate dan damper.

Kenyamanan berkendaranya juga ditopang dengan dimensi bodi yang lebar dan jarak sumbu roda yang panjang.

All New Veloz keluaran PT Toyota Astra Motor ini menampilkan fascia baru dengan desain grille depan baru. Kemudian lampu depannya terintegrasi dengan lampu seinnya dan sudah menggunakan fog lamp terbaru. Sementara bagian belakangnya terdapat Progressive Rear Combination Lamp with Full Backdoor Lamp. Tampilan belakangnya juga lebih lebar berkat penggunaan Sturdy Rear Bumper.

Pada bagian kabin, All New Veloz menampilkan layar digital TFT MID 7 inci dan head unit berukran 9 inci. Kemudian roda kemudinya sudah dilapisi kulit dan sudah memiliki pengaturan tilt dan telescopic dan di setirnya terdapat tombol unutuk pengaturan audio dan MID.

Kemudian juga terdapat sejumlah fitur keselamatan seperti Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, dan Toyota Safety Sense (TSS). Teknologi TSS ini terdiri dari sejumlah fitur keselamatan seperti Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Lane Keeping Control, Automatic High Beam, Adaptive Driving Beam, dan Front Departure Alert.

Tidak hanya itu, Avanza terbaru ini juga sudah dilengkapi fitur canggih terbaru Toyota, yakni T Intouch. Fitur ini merupakan pengalaman konektivitas digital yang menampilkan beberapa fitur seperti Find My Car dan Geofencing.

Dari sektor dapur pacu, All New Toyota Veloz hadir dengan mesin 2NR-VE 1.500cc yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm. Mesin tersebut juga dikawinkan dengan sistem transmisi baru, yakni New Adopted CVT Transmission yang diklaim dapat memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus.

All New Toyota Veloz tersedia dalam tiga tipe, yaitu Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Soal harga, All New Avanza dan All New Veloz dibanderol mulai Rp 211 juta hingga Rp 297 juta (on the road) wilayah Surabaya.

Kokoh jadi pemimpin pasar

Di tengah ketatnya persaingan di pasar kendaraan LMPV di Tanah Air, Toyota Avanza ternyata tetap menjadi pilihan masyarakat. Saat ini pun, model ini masih menguasai sebesar 27,9 persen atau menjadi pemimpin pasar LMPV di Jawa Timur.

Menurut Koordinator 1 Auto2000 wilayah Jawa Timur, Iksir Imanuwell Thouby, mobil LMPV rata-rata memberikan kontribusi sebesar 18,3 persen dari total penjualan Toyota di Jatim.

"Pasar LMPV di Jatim pada tahun 2020 lalu rata-rata sebanyak 1.268 unit per bulan. Avanza sendiri rata-rata penjualan per bulan di 2020 sebanyak 320 unit per bulan. Dan tahun 2021 ini rata-rata penjualannya naik menjadi 377 unit per bulan," ungkap Iksir.

Dengan hadirnya All New Avanza dan All New Veloz dengan beragam perubahan yang mencolok dan beragam fitur modern tersebut, pihaknya optimistis bisa mendongkrak penjualan varian LMPV termasuk market share Toyota.

"Belum diluncurkan saja sudah ada sekitar 80 inden, jadi kami optimis penjualan All New Avanza dan All New Veloz di angka 400-500 unit per bulan di Jatim. Dengan market share bisa naik jadi 31-32 persen di pasar LMPV," ujarnya. kbc7

Bagikan artikel ini: