Malam Tahun Baru dilarang hura-hura, berikut 10 larangan di PPKM Level 3

Jum'at, 19 November 2021 | 08:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah bakal menerapkan kebijakan PPKM Level 3 pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kebijakan ini akan diterapkan seluruh Indonesia tanpa terkecuali.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah juga akan melarang kegiatan pertemuan skala besar dalam masa kebijakan tersebut. Contohnya untuk pesta malam tahun baru.

"Akan kita batasi dan kita larang pertemuan skala besar, yaitu pesta old and new itu kita larang. Yang dibolehkan pesta old and new hanya di tingkat keluarga saja mungkin 10-15 (orang) keluarga masih dibolehkan," kata Muhadjir di Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Muhadjir menegaskan, masyarakat dilarang untuk hura-hura apalagi pawai di malam tahun baru hingga menimbulkan kerumunan. Saat ini Kapolri sedang menyiapkan aturan tersebut.

"Kalau digelar di hotel, hura-hura tidak boleh apalagi juga diikuti petasan, pawai tahun baru itu semua akan dilarang dan sekarang sedang disiapkan Protap oleh Pak Kapolri," jelasnya.

Lebih lanjut Muhadjir menjelaskan, penerapan PPKM nantinya akan berpatokan pada Surat Edaran (SE) Mendagri. Pemerintah daerah (Pemda) juga nantinya akan diminta membuat aturan turunan untuk menyesuaikan dengan daerah masing-masing.

"Jadi nanti dengan SE Mendagri, masing-masing Kementerian/Lembaga akan breakdown aturan lebih rinci sesuai bidang dan tanggung jawabnya kemudian itu diberlakukan secara nasional dan tidak ada lagi pembedaan PPKM Jawa-Bali dan luar Jawa. Semua sama level 3," katanya.

"Aturan akan diperdetail oleh Menparekraf, dan juga Mendagri dan itu kan jadi wewenang daerah. Jadi kepala daerah, provinsi, kabupaten kota akan juga buat aturan turunan yang berlaku di masing-masing daerah," imbuhnya.

Untuk diketahui, PPKM Level 3 ini akan berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Berikut rincian yang diterapkan saat PPKM Level 3 selama libur Nataru:

- Dilarang melakukan pesta kembang api, pawai, arak-arakan yang mengumpulkan kerumunan besar. 

- Dilarang pulang kampung dengan tujuan yang tidak primer.

- Dilarang bepergian selama Natal dan Tahun Baru.

- Menutup fasilitas umum seperti alun-alun dan lapangan terbuka.

- Pemerintah memperketat aturan perjalanan naik transportasi umum, minimal sudah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama. 

- Dilarang mengambil cuti dan memanfaatkan libur nasional saat Natal dan Tahun Baru selama PPKM Level 3, bagi ASN, TNI, POLRI dan karyawan swasta.

- Selama PPKM Level 3, kegiatan di tempat ibadah maksimal kapasitas 50 persen. 

- Pembatasan jumlah pengunjung di bioskop hingga 50 persen. 

- Pembatasan jumlah pengunjung di tempat makan minum, cafe dan restoran dengan kapasitas maksimal 50 persen.

- Jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan maksimal kapasitas 50 persen sampai pukul 21.00 dengan penerapan  protokol kesehatan ketat. kbc10

Bagikan artikel ini: