Nyaman naik kereta api bersama si kecil, simak hal ini

Kamis, 25 November 2021 | 10:34 WIB ET

APAKAH Anda sedang berencana naik kereta sambil membawa anak-anak? Membawa anak-anak saat naik kereta tentu hal yang sah-sah saja. Tapi perlu diperhatikan beberapa hal, karena Anda harus menyiapkan segala sesuatunya lebih baik lagi ketika membawa anak-anak saat bepergian dengan kereta api.

Ada beberapa barang yang harus dipersiapkan saat traveling dengan kereta bersama anak. Salah satunya membeli tiket lebih awal melalui Traveloka, yang merupakan mitra resmi penjualan tiket KA oleh PT KAI maupun KAI Access. Selain persiapkan tiketnya, berikut ini beberapa tips lainnya.

1. Bawa Barang Secukupnya

Meski sedang naik kereta sambil membawa anak, tentu Anda harus memilih juga barang bawaan yang akan dibawa. Jangan sampai berlebihan membawa barang hingga kemudian Anda jadi kesulitan saat naik turun kereta karena barang bawaan yang banyak.

Bawa saja barang secukupnya yang penting semua perlengkapan anak sudah masuk dalam satu tas. Ketika berkunjung ke rumah saudara atau kerabat lebih baik tidak terlalu banyak bawa baju ganti, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencuci baju. Atau bisa menggunakan solusi dengan membawa diapers.

Diapers jadi barang penting saat naik kereta, di mana ketika anak buang air kecil atau buang air besar tidak perlu repot untuk ganti baju. Selain itu jangan lupakan pula botol susu, susu dan perlengkapannya. Sebaiknya siapkan susu formula dalam beberapa botol.  Siapkan susu formula dalam beberapa wadah yang takarannya sudah sesuai dengan takaran minum susu anak. Jadi nanti saat naik kereta tinggal diseduh dengan air saja tanpa harus membuka kaleng atau kemasan susu formula.

2. Bawa Mainan Anak

Saat naik kereta apa lagi untuk perjalanan yang jauh, misalnya 4 jam ke atas, maka anak tentu akan merasa kebosanan di dalam kereta. Untuk itu anda bisa menyiasatinya dengan membawa mainan kesukaan anak. Dengan mainan ini, anak tidak akan terlalu bosan dan tetap nyaman saat di perjalanan yang cukup lama.

Tidak perlu membawa banyak mainan, cukup bawa satu saja yang merupakan mainan kesayangan anak. Apalagi untuk anak yang cukup rewel, bawa mainan ini adalah hal yang perlu dilakukan.

3. Bawa Camilan

Bepergian sendirian saja saat naik kereta wajib bawa camilan agar tidak bosan apalagi saat bersama anak. Anda bisa memilih makanan atau camilan yang disukai anak saat di perjalanan. Selain memberikan mainan agar anak tidak merasa bosan maka bisa diberikan camilan yang tentu saja tidak berlebihan porsinya.

Akan lebih baik jika Anda memilih camilan sehat untuk dibawa. Jadi selain praktis, anak tetap makan makanan sehat di perjalanan jauh.

4. Jangan Ubah Waktu Makan dan Tidur

Saat bepergian bersama anak naik kereta, jangan berpikir untuk mengubah jadwal makan dan tidur anak. Apalagi bagi balita yang emosinya belum stabil. Lebih baik memberikan makan dan minum untuk anak dengan porsi sedikit daripada memberikannya makanan dalam sekali waktu.

Makan-makanan berlebihan di atas kereta bisa memicu mabuk darat. Terjadi mabuk darat ketika bepergian tentu sangat tidak nyaman. Anak bisa saja menangis selama perjalanan sehingga Anda sebagai orangtua bisa kebingungan.

5. Pilih Tempat Duduk Tepat

Naik kereta api membawa si kecil maka ibu harus mencari tempat duduk yang paling nyaman. Sebaiknya pilih tempat duduk yang tidak jauh dengan lokasi toilet kereta.

Ini sangat memudahkan para ibu untuk membawa anak yang ingin buang air kecil atau buang air besar ke toilet. Biasanya anak 5 tahun keatas suka berulang kali ingin ke toilet. Tidak perlu khawatir membayangkan duduk di dekat lokasi toilet. Karena kereta api memberikan fasilitas yang nyaman yaitu toilet bersih sehingga penumpang tidak akan merasa tercium aroma tidak sedap.  

Itu tadi beberapa hal yang harus dipersiapkan saat naik kereta sambil membawa anak. Terlebih untuk perjalanan jauh, sangat perlu menyiapkan berbagai hal agar saat naik kereta tidak merasa kebingungan. Apalagi jika bepergian sendiri dan tidak bersama suami atau kerabat.

Bila sudah tahu rahasia liburan bersama anak, rasanya kini tinggal pesan saja tiket kereta apinya di Traveloka Lifestyle SuperApp. Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk memesan tiket secara online disertai aneka promo. Misalnya saja, promo PayDay Traveloka yang hadir mulai 24 November 2021 sampai 5 Desember 2021. Yuk, pesan tiket kereta api promo di Traveloka! kbc10

Bagikan artikel ini: