Perkenalkan budaya Indonesia, Somerset gelar Kartinian

Selasa, 20 April 2010 | 15:19 WIB ET
Pahlawan nasional Raden Adjeng Kartini bersama sang suami. (istimewa)
Pahlawan nasional Raden Adjeng Kartini bersama sang suami. (istimewa)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Indonesia memiliki sejuta budaya dan sejarah yang cukup menarik. Untuk memperkenalkannya kepada para resident yang ada di hotel dan apartemen, Somerset Surabaya Hotel & Serviced Residence (SSHSR) akan menggelar acara `Kartinian`.

Dikatakan Marketing Communication Executive Somerset Surabaya Hotel & Serviced Residence, Levina Inggita, Raden Ajeng Kartini adalah tokoh yang memperjuangkan pendidikan dan derajat yang sama bagi wanita Indonesia di zaman penjajahan Belanda.

"Untuk memperingatinya, besok kami akan mewajibkan seluruh Guest Service Officer kami untuk memakai kebaya, sedangkan untuk staff back office akan memakai baju batik atau busana nasional lainnya," kata Levina Inggita kepada kabarbisnis.com di Surabaya, Selasa (20/4/10).

Tidak hanya memperingatinya dengan mengenakan kebaya dan batik, Somerset juga akan memperkenalkan Hari Kartini ini kepada residentnya dengan menyelenggarakan acara bertajuk “Ladies Program-Celebrating Kartini`s Day”.

"Ladies Program ini diselenggarakan pada tanggal 22 April 2010, pukul 13.30 WIB. Sesuai dengan judulnya, acara ini diperuntukkan khusus bagi kaum wanita dan merupakan acara yang kaya akan budaya bangsa Indonesia. Mereka akan disuguhi peragaan busana kebaya yang akan diperagakan oleh staff Somerset dan perkenalan tentang batik," ungkapnya.

Perkenalan tentang batik tersebut meliputi penjelasan tentang jenis-jenis batik, tips merawat dan mengenakan batik, hingga pelajaran membatik.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Somerset juga akan mengenalkan Surabaya lebih dekat lagi kepada para resident-nya. Tentang beberapa lokasi-lokasi menarik di Surabaya seperti restoran dan toko roti, bandara udara, stasiun, rumah sakit, pusat perbelanjaan, salon dan kecantikan, tempat wisata, dan lain sebagainya.

"Sebenarnya, ide presentasi ini berawal dari banyaknya tamu ekspatriat wanita yang segan untuk keluar dari apartemen ketika suaminya pergi untuk bekerja karena kendala bahasa dan pengetahuan yang minim tentang berbagai tempat menarik di Surabaya. Oleh sebab itu kami dari pihak Somerset berinisiatif untuk menjelaskan beberapa lokasi penting yang perlu diketahui," ujarnya.

Melalui pengenalan ini, selain bisa mengenalkan Surabaya sebagai salah satu kota yang cukup menarik, Somerset juga berharap tamu yang tinggal di properti mereka akan merasa lebih nyaman dan tidak merasa asing di Surabaya. kbc6

Bagikan artikel ini: