Tawari anak muda RI jadi spesialis IT hingga analis sistem, Google siapkan Rp28,6 miliar

Jum'at, 3 Desember 2021 | 18:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Google mengumumkan partner keuangan mikro barunya serta hibah senilai USD2 juta atau Rp28,6 miliar (asumsi kurs Rp14.300 per USD) kepada INCO, sebuah organisasi internasional di bidang pelatihan, untuk mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia.

Hibah ini, yang diberikan oleh filantropi perusahaan Google.org, akan membantu INCO melatih 10.000 orang Indonesia melalui program Google IT Support Certificate di platform pembelajaran online Coursera.

"Google IT Support Certificate adalah sertifikat karier level profesional yang paling dicari di Coursera. Program ini memberikan kemampuan siap kerja dan landasan yang bagus untuk memulai karir baru," ujar Managing Editor Google Indonesia, Randy Jusuf, dalam acara Google for Indonesia, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Sebagai penerima hibah Google.org, INCO berpartner dengan Yayasan Plan International Indonesia untuk menyediakan beasiswa IT Certificate melalui program bernama INCO Academy-Work in Tech. Nantinya akan membantu para peserta program yang kurang beruntung untuk menyelesaikan kursus online tersebut dengan sukses.

Google IT Support Certificate dapat membantu orang-orang Indonesia mendapatkan kemampuan yang diperlukan untuk memulai karier sebagai system analyst, database administrator, network engineer, IT specialist, atau teknisi help desk.

"Kami harap akses ke kredensial karier ini dapat mempermudah anak muda dalam mengatasi tantangan yang dihadapi seiring perekonomian kita beranjak keluar dari pandemi," jelas Randy.

Selain itu, Google.org akan membantu memfasilitasi upaya sukarela dari karyawan Google dan menyediakan donasi non-finansial untuk membantu para peserta program saat menjalani kursus online.

Google juga memberikan informasi terbaru tentang Small Business Resilience Fund yang diluncurkan pada 2020 melalui kemitraan dengan KIVA. Dari US$10 juta modal pinjaman yang disediakan tahun lalu bagi usaha kecil di seluruh Indonesia, tahap pertama sejumlah US$3,5 juta akan diberikan kepada partner keuangan mikro, Komida.

Koorporat dengan 324 cabang di 13 provinsi ini memiliki spesialisasi dalam pemberian pinjaman hingga Rp20 juta kepada perempuan pra-sejahtera di kawasan pedesaan yang ingin memulai usaha sendiri.

"Kolaborasi Google dengan KIVA, sebuah organisasi nirlaba internasional, bekerja sama dengan berbagai mitra lokal termasuk Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), telah menyalurkan bantuan pembiayaan dengan bunga rendah dengan nilai US$10 juta atau Rp 147 miliar," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: