Mau liburan nyaman dan menyenangkan ke pantai? Simak 5 tips ini

Jum'at, 10 Desember 2021 | 13:09 WIB ET

MEMASUKI penghujung tahun memang selalu menjadi momen yang paling dinantikan, karena akan ada masa libur Natal dan Tahun Baru. Setelah melakukan banyak rutinitas sehari-hari selama setahun, seperti bekerja dan sekolah, tentunya liburan menjadi kebutuhan semua orang untuk melepas penat.

Pastinya Anda juga sudah menyiapkan rencana liburan akhir tahun baik sendiri, bersama teman, atau orang-orang terdekat. Ada banyak sekali pilihan destinasi wisata yang bisa Anda pilih, salah satu yang menjadi primadona adalah wisata pantai.

Berlibur ke pantai selalu bisa memberikan pengalaman dan kepuasan tersendiri. Suasana pantai mampu memberikan kesenangan dan melepaskan penat. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat liburan ke pantai, seperti snorkeling, bermain pasir, bermain banana boat, berselancar, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali pantai yang terkenal akan keindahannya, misalnya pantai-pantai di Bali, Tanjung Lesung, dan Pink Beach di Labuan Bajo. Anda tentu juga perlu merencanakan liburan tahun ini dengan tepat dengan memilih moda transportasi yang aman, cepat, dan nyaman.

Moda transportasi yang bisa Anda pilih adalah pesawat terbang. Anda bisa memilih maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Pada musim liburan ini, Garuda Indonesia promo di Traveloka Lifestyle SuperApp. Anda bisa mendapatkan berbagai promo dan diskon yang menarik. Sebelum liburan ke pantai, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Sunset atau sunrise?

Ada berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan saat liburan ke pantai. Salah satu kegiatan yang selalu dilakukan adalah menikmati suasana matahari terbit atau matahari terbenam. Menikmati suasana pagi dan sore di pantai dengan hembusan angin dan suara ombak selalu sukses memberikan ketenangan.

Apabila Anda berlibur ke pulau yang kecil dan memiliki garis pantai di sekitarnya, maka Anda bisa menikmati suasana sunrise dan sunset sekaligus. Namun, jika Anda ingin menikmati suasana sunrise atau sunset saja, maka Anda perlu menentukan destinasi yang tepat. Misalnya jika Anda ingin menikmati hangatnya suasana matahari terbit, maka Anda bisa mengunjungi Pantai Sanur di Bali, sebab pantai yang satu ini memang dikenal sebagai pantai matahari terbit.

Gunakan sunscreen atau sunblock

Tips lain yang wajib Anda lakukan adalah menggunakan sunscreen atau sunblock ketika berlibur ke pantai. Ada perbedaan yang signifikan antara sunscreen dan sunblock, yaitu sunblock bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, sedangkan sunscreen hanya melindungi kulit dari sinar UVB.

Seperti yang kita ketahui, daerah pantai cenderung terasa lebih panas dan terik, apalagi bagi Indonesia yang merupakan negara tropis. Sinar matahari bisa menyebabkan kulit terasa seperti terbakar, oleh karenanya Anda wajib menggunakan sunscreen atau sunblock. Anda bisa menyesuaikan tingkat SPF sunscreen atau sunblock yang akan Anda gunakan sesuai dengan aktivitas dan cuaca di destinasi tujuan Anda. Penggunaan sunscreen atau sunblock juga bisa Anda aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan ketika berlibur ke pantai yaitu mengenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Cuaca pantai yang panas tentunya perlu disesuaikan dengan pakaian yang Anda kenakan. Anda bisa mengenakan pakaian yang ringan, adem, dan memudahkan Anda untuk bergerak.

Anda bisa menggunakan kemeja pantai, kaos, celana pendek, dan pakaian lain yang nyaman. Pakaian yang ringan juga bisa memudahkan aktivitas Anda jika ingin berenang atau snorkling, sebab pakaian akan terasa lebih berat jika terkena air, oleh karenanya penggunaan pakaian yang ringan untuk ke pantai sangat disarankan.

Bawa kotak P3K

Tips berikutnya yang perlu Anda terapkan adalah membawa kotak P3K. Selama berlibur ke pantai, tentu ada resiko-resiko yang mungkin terjadi. Seperti yang kita ketahui, beraktivitas di pantai memiliki risiko terkena serpihan karang atau batu kecil yang bisa melukai Anda.

Meskipun kawasan wisata pantai umumnya sudah dilengkapi layanan medis, namun Anda tetap perlu berjaga-jaga dengan membawa kotak P3K. perlengkapan standar yang perlu Anda miliki adalah plester, perban, gunting, kapas, dan cairan antiseptik. Lakukan penanganan medis sesegera mungkin jika Anda mengalami luka selama beraktivitas di pantai.

Gunakan topi dan kacamata

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan topi dan kacamata selama berlibur ke pantai. Penggunaan topi bisa melindungi kepala dari paparan panas matahari yang bisa membuat Anda sakit kepala. Selain topi, Anda juga perlu menggunakan kacamata hitam atau kacamata anti sinar UV yang bisa melindungi mata Anda dari pantulan sinar matahari yang menyilaukan. Topi dan kacamata selain bisa melindungi diri dari paparan sinar matahari langsung, juga bisa dijadikan sebagai aksesoris tambahan untuk berswafoto dan menyempurnakan outfit liburan Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika berlibur ke pantai. Anda perlu menentukan tujuan liburan Anda, mengenakan pakaian yang nyaman, hingga membawa kotak P3K. selain itu, jangan lupa juga untuk memilih maskapai penerbangan Garuda Indonesia sebagai moda transportasi liburan Anda. Anda bisa membeli tiket Garuda Indonesia melalui Traveloka. Ayo segera pesan tiketnya dan nikmati berbagai promo menarik. Selamat liburan ya!

Jangan lewatkan juga promo spesial 12.12 dari Traveloka, Anda bisa berburu tiket pesawat harga ramah kantong dan diskon menarik! Terbang hemat di Indonesia dengan diskon hingga 600 ribu! Yuk, langsung saja cek promo lengkapnya di Traveloka Lifestyle SuperApp!

Bagikan artikel ini: