Sambut Nataru, Bank Mandiri siapkan uang tunai Rp20 triliun

Senin, 13 Desember 2021 | 08:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp20 triliun selama Desember 2021, terutama untuk mengantisipasi Hari Raya Natal dan tahun Baru 2022 (Nataru).

Direktur Operation Bank Mandiri, Toni EB Subari mengungkapkan, alokasi ini meningkat sekitar 19 persen dari periode yang sama di tahun lalu.

Meningkatnya alokasi tersebut dilakukan menyusul proyeksi kenaikan kebutuhan pengisian ATM seiring dengan peningkatan transaksi masyarakat.

"Kami memperkirakan transaksi nasabah pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022 akan mengalami peningkatan," ucap Toni seperti dikutip, Minggu (12/12/2021).

"Untuk itu, seluruh kantor cabang kami pun juga akan tetap beroperasi normal untuk melayani nasabah," imbuhnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya telah mengantisipasi puncak transaksi nasabah di ATM maupun EDC pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022.

Saat ini, total ATM Bank Mandiri yang beroperasi tercatat sebanyak 13 ribu lebih mesin yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa atau Plus di seluruh Indonesia.

Kemudian, Bank Mandiri juga telah menyediakan jaringan EDC yang digunakan oleh lebih dari 180 ribu mitra merchant untuk mendukung transaksi non tunai nasabah.

"Transaksi pada mesin EDC diperkirakan juga akan mengalami peningkatan pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022, mengingat adanya pembagian THR untuk karyawan yang merayakan Hari Raya Natal serta event Hari Belanja Nasional (Harbolnas)," papar Toni.

Di samping itu, Toni menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan elektronik banking, seperti super app Livin’ by Mandiri, SMS Banking, serta Call Center untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan.

"Aplikasi Livin’ by Mandiri hadir dengan fitur-fitur baru seperti pembukaan rekening tabungan perdana yang dilengkapi dengan teknologi terbaru face recognition dan liveness yang memungkinkan calon nasabah membuka rekening secara online," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: