Ini dia peran penting CSR BUMN dalam membantu masyarakat

Rabu, 15 Desember 2021 | 18:01 WIB ET

PASURUAN - Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi BUMN, Mufti Anam, mendorong pemanfaatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) BUMN bisa dioptimalkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi. Hal itu bisa dilakukan dengan berbagai program CSR yang berorientasi pada penguatan UMKM serta mendorong pembangunan sarana-prasarana untuk kepentingan masyarakat yang bisa menyerap banyak tenaga kerja.

“Memang, salah satu peran strategis BUMN adalah bagaimana CSR ini bisa didorong untuk membantu pemulihan ekonomi. Jadi selain core business BUMN untuk memulihkan ekonomi, ada CSR yang bisa dioptimalkan untuk menggerakkan perekojomian masyarakat,” ujar Mufti Anam saat kegiatan sosialisasi “Peran Penting CSR BUMN di Masyarakat” di Pasuruan, Rabu (15/12/2021). 

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan masyarakat dari sejumlah kecamatan di Pasuruan.

Mufti mengatakan, dengan berbagai jaringannya di seluruh Indonesia, gerak BUMN sangat efektif dalam membantu masyarakat. Tidak hanya terkait aktivitas ekonomi, beragam kegiatan sosial pun digerakkan BUMN termasuk melalui program CSR. Dia mencontohkan ketika terjadi bencana, maka BUMN bergerak membantu masyarakat yang terdampak.

“Misalnya ketika ada erupsi Gunung Semeru, kami di DPR mendorong BUMN cepat bergerak membantu masyarakat. Dan kita lihat BUMN telah bergerak cepat membantu sembako, dapur umum, air bersih, obat, vitamin, dan sebagainya yang sangat dibutuhkan oleh warga terdampak. Demikian pula ketika bencana lainnya, BUMN saya lihat cukup sigap dalam membantu warga,” paparnya.

Ke depan, sambung Mufti, CSR BUMN perlu dioptimalkan untuk mendukung visi pemerintah dalam mempermudah akses untuk masyarakat golongan menengah ke bawah.

“Seperti masalah pendidikan, CSR BUMN selama ini telah memberi beasiswa kepada begitu banyak pelajar dan mahasiswa. Ke depan harus diperluas,” ujarnya.

Bagikan artikel ini: