Pemberangkatan umrah ditunda, begini tanggapan Amphuri

Senin, 20 Desember 2021 | 12:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jemaah umrah Indonesia perdana yang dijadwalkan pada 23 Desember 2021 dikarenakan terdeteksinya virus varian Covid-19 baru yaitu Omicron.

Terkait hal itu, Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria Anshary menyebut hampir semua asosiasi penyelenggara umrah merasa kecewa dan menyampaikan efek atas keputusan oleh pemerintah.

"Memang efek dari dibatalkan atau dimundurkannya umrah di group-group asosiasi sedang ramai ungkapan kekecewaan kawan-kawan penyelenggara ibadah umrah dan haji, katanya umrah dibatalkan tapi tour dan pelesiran ke luar negeri dibolehkan," kata Kepala Bidang Umrah Amphuri Zakaria Anshary seperti dikutip, Minggu (19/12/2021).

Menurut dia, untuk keputusan pembatalan atau pengunduran Umrah perdana disampaikan oleh Kemenag di rapat lintas kementerian dengan semua asosiasi 17 Desember 2021 lalu.

Berdasarkan arahan Presiden Jokowi terkait kondisi terakhir dilapangan, di mana varian virus Covid19 Omicron dianggap membahayakan, ia meminta masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Seharusnya. perkara ibadah dan agama itu bagian dari hal yang sensitif yang perlu disikapi dengan bijak. Banyak juga yang membandingkan sikap pemerintah terhadap kebijakan lebaran Idul Fitri dan Idul Adha yang harus diberlakukan PPKM darurat tapi nataru tidak," paparnya.

Meski begitu, pihak Amphuri sangat menghormati himbauan pemerintah yang sifatnya umum. Namun pihaknya telah memberikan beberapa catatan alasan kenapa Umrah tetap perlu dijalankan di bulan Desember 2021.

"Harapan penyelenggara dengan Umrah perdana juga mengedukasi masyarakat muslim agar jangan takut ke tanah suci selama mentaati protokol kesehatan, kalau penyelenggara saja takut ke tanah suci karena banyaknya regulasi baru yg memberatkan bagaimana dengan masyarakat tentu mereka lebih takut," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: