Tanamkan semangat nasionalisme, Kadin Surabaya ajak 400 guru nobar film Kadet 1947

Selasa, 21 Desember 2021 | 10:17 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Polrestabes Surabaya dan KARSA menggelar acara nonton bareng film "Kadet 1947" bersama 400 guru di gedung bioskop Tunjungan Plaza I, Surabaya, Minggu (19/12/2021).

Ketua Kadin Surabaya M Ali Affandi mengungkapkan bahwa keinginan mereka mengajak para guru nobar film Kadet 1947 karena dalam Kadet 1947 menceritakan tentang perjuangan jaman dahulu, semangat nasionalisme dan pantang menyerah.

"Guru adalah pondasi utama dalam mendidik generasi mendatang. Tujuan kami mengajak generasi muda melek bahwa perjuangan jaman dulu tidak mudah. Jangan sampai perjuangan pahlawan kita sia-sia. Dan tentunya tantangan generasi muda saat ini sudah berbeda tetapi semangatnya tetap sama bahwa Indonesia harus menjadi negara besar," tegas Andi, panggilan M Ali Affandi.

Ketua DRD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, yang juga turut hadir di sela masa reses-nya di Jatim, mengatakan bahwa rasa nasionalisme harus ditanamkan dalam setiap jiwa anak bangsa, terutama di kalangan anak muda. Karena generasi muda adalah generasi yang akan menerima estafet keberlangsungan bangsa Indonesia.

"Bangsa ini akan maju jika para pemudanya memiliki sikap nasionalisme yang tinggi. Salah satu cara membangkitkan rasa nasionalisme dengan menonton film heroik, film perjuangan, film yang menceritakan betapa sulitnya meraih dan mempertahankan kemerdekaan," katanya.

Lewat film, lanjut LaNyalla, penonton diharapkan bisa meresapi dan menghayati cerita atau kisah yang ada. "Dari situlah kita semua bisa mengambil hikmah dan makna dari perjuangan para pahlawan. Itulah yang harus menjadi dasar bagi kita semua untuk membangun negara ini," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengungkapkan rasa senangnya usai menonton film Kadet 1947. Menurutnya, film ini cukup bagus dan mampu membawa penonton ke masa  perjuangan di jaman dahulu yang penuh dengan semangat nasionalisme dan perjuangan.

"Film Kadet 1947 merupakan setting perjuangan Kadet TNI Angkatan Udara TNI Republik Indonesia pasca kemerdekaan Indonesia, latar belakang agresi Belanda. Suasana nasionalisme, suasana kebangsaan, suasana rasa cinta tanah air dan suasana rasa perjuangan sangat sangat mewarnai film ini," katanya.

Dia berharap, film ini akan memberikan pesan moral kebangsaan bagi generasi muda dan seluruh masyarakat. "Harapan saya film ini akan menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berjuang, untuk terus berusaha, melakukan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Mari kita tonton film Kadet 1947, film ini kaya dengan humor, kaya dengan suasana milenial dan disetting perjuangan bangsa Indonesia. Kita belajar tentang bangsa Indonesia tidak hanya dari teks Buku tetapi juga dari film seperti ini," ujar Cak Awi, panggilan akrab Adi Sitarwijono.

Ketua PGRI Kota Surabaya Agnes Warsiati yang juga turut hadir mengatakan bahwa film Kadet 1947 adalah film yang luar biasa untuk memberikan pembelajaran kepada generasi muda untuk mencintai bangsa dan negara Indonesia. Bagaimana sulit dan panjangnya perjualan menuju kesuksesan. Betapa besar perjuangan yang dilakukan para pahlawan terdahulu dengan penuh keikhlasan dan kepercaya mendapatkan kemenangan.

"Kalau saya, sangat terkesan betapa mereka ini tidak putus asa walaupun mereka menghadapi banyak rintangan. Walaupun sudah merasa penat tetapi mereka masih punya energi untuk kembali kepada tujuan mereka. Betapa merdeka itu luar biasa sulitnya tetapi akhirnya sampai juga pada tujuan," tandasnya.

Selain bisa memberikan pelajaran tentang rasa nasionalisme dan kebangsaan serta perjuangan, nobar film Kadet 1947 juga menjadi hiburan yang mendidik bagi 400 guru yang diajak. "Masa pandemi selama dua tahun ini mereka para guru tidak bisa refreshing sehingga saat kemarin saya undang mereka cukup antusias dan sangat senang. Bahkan kalau tidak dibatasi, kemungkinan besar yang ikut akan lebih banyak lagi," katanya.kbc6

Bagikan artikel ini: