Benarkah goyangkan motor saat isi penuh BBM? Ini penjelasan Yamaha STSJ

Sabtu, 15 Januari 2022 | 08:04 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pernahkah Anda mendengar bahwa menggoyangkan motor saat mengisi bensin membuat pengisian kendaraan lebih maksimal?

Kebiasaan ini kerap dilakukan oleh pengemudi yang sedang mengisi bensin dengan tujuan tidak ada udara yang terperangkap sehingga pengisian bensin bisa lebih maksimal. PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menekankan bahwa menggoyangkan kendaraan saat pengisian BBM adalah mitos. Kebiasaan ini bisa menyebabkan kebakaran.

"Kami ingin meluruskan kebiasaan yang masih sering kita jumpai di SPBU. Agar kedepannya setiap pengendara lebih berhati-hati dan tidak membahayakan satu sama lain," kata Ilham Wahyudi, GM Service dan SparePart Yamaha STSJ.

Menurutnya, kebiasaan menggoyangkan motor ini tidak pernah diajarkan karena ujung nozle (spout nozle) terbuat dari metal yang rawan dengan adanya gesekan. Nantinya, gesekan tersebut dapat memicu listrik statis dan percikan api. Sehingga kegiatan seperti ini justru bisa menimbulkan malapetaka.

"Pada dasarnya, bensin berupa cairan yang akan mengisi setiap ruangan kosong di dalam tangki. Sehingga dengan sendirinya bensin akan mengisi ruang yang paling rendah di dalam tangki. Pengendara tidak perlu takut rugi, karena volume bensin yang keluar bisa dilihat melalui indikator yang ada di SPBU," jelas Ilham.

Mengisi bensin yang benar dianjurkan hingga mencapai filler neck dari kendaraan masing-masing. Jika melebihi batas tersebut, bensin akan tumbuh dan berpotensi jatuh ke area yang panas sehingga dapat memicu kebakaran. kbc10

Bagikan artikel ini: