WhatsApp dikabarkan bakal rilis aplikasi di iPad

Senin, 31 Januari 2022 | 11:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dalam ekosistem Apple, WhatsApp hanya dapat digunakan di iPhone dan komputer Mac baik melalui aplikasi desktop atau melalui web.

Namun kabar terbaru menyebut jika ada pembahasan di mana WhatsApp akan meluncurkan aplikasinya di perangkat iPad.

Hal ini disampaikan Head of WhatsApp Will Chatcart, di mana banyak pengguna sudah lama menginginkan aplikasi WhatsApp di iPad dan WhatsApp pun ingin merealisasikannya.

Menurutnya, banyak pengguna WhatsApp telah lama meminta kepada perusahaan milik Meta ini untuk membuat aplikasi yang layak di iPad.

Chatcart juga mengisyaratkan bahwa WhatsApp telah membawa teknologi dasar untuk versi tablet whatsApp saat mereka memperkenalkan dukungan untuk beberapa perangkat tahun lalu.

"Kami melakukan banyak pekerjaan pada teknologi untuk mendukung banyak perangkat. Aplikasi web dan desktop kami sekarang memilikinya. Jika saya mengaktifkan multi-perangkat, saya dapat mematikan ponsel saya atau kehilangan koneksi jaringan saya dan masih menerima pesan di desktop saya," ujarnya.

"Itu akan sangat penting untuk aplikasi tablet, untuk dapat menggunakan aplikasi bahkan jika ponsel Anda tidak aktif. Jadi teknologi yang mendasarinya ada di sana," lanjutnya.

Melansir dari The Verge, secara historis cara WhatsApp dalam mengenkripsi pesan belum dapat menyinkronkan obrolan di seluruh perangkat melalui internet seperti kebanyakan aplikasiperpesanan lainnya bekerja. Jadi, jika WhatsApp di ponsel pengguna tidak memiliki akses ke internet, klien desktop tidak berfungsi.

Versi beta dari dukungan multi-perangkat memungkinkan pengguna menyinkronkan akun WhatsApp di hingga empat perangkat sekaligus, sebuah proses yang melibatkan pemetaan pengidentifikasi perangkat ke kunci akun di server WhatsApp dengan cara yang masih terenkripsi.

Demikian dengan teknologi sinkronisasi tersebut kemungkinan besar aplikasi WhatsApp asli untuk iPad akan segera dihadirkan. kbc10

Bagikan artikel ini: