Mulai 30 April, siaran TV analog di Mandalika akan dimatikan

Kamis, 10 Februari 2022 | 13:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bagi masyarakat Mandalika dan sekitarnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan bahwa siaran TV analog di kawasan tersebut akan dimatikan mulai 30 April 2022 dan beralih ke siaran TV digital.

Kominfo menyebutkan ada empat daerah di kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terdampak penghentian siaran TV analog Tahap 1, salah satunya Kabupaten Lombok Tengah, lokasi Sirkuit Mandalika berada yang nanti digelar balapan motor MotoGP. Sementara tiga daerah lainnya di NTB ini adalah Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, dan Kota Mataram.

Sebagai informasi, ASO Tahap 1 ini mencakup 166 kabupaten/kota yang meliputi 56 wilayah siaran.

Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widyastuti mengimbau agar masyarakat di kawasan NTB tersebut segera mempersiapkan diri beralih ke siaran TV digital.

Siaran TV digital menawarkan sejumlah manfaat yang tidak ada di TV analog, seperti kualitas gambar lebih bersih, suara lebih jernih, hingga teknologi yang lebih canggih.

"Publik memperoleh penyiaran yang berkualitas. Bahasa sederhananya, siaran yang diterima masyarakat tidak ada lagi semutnya, dan tidak ada gangguan sinyal meskipun sedang hujan," ujar Niken dalam pernyataanya dikutip dari situs Kominfo, Rabu (9/2/2022).

Kominfo pun mengajak lembaga penyiaran publik, swasta, maupun komunitas untuk turut menyukseskan digitalisasi penyiaran ini.

Terlebih momen MotoGP pada 18-20 Maret 2022 mendatang sudah dekat, yang mana saat ini tes pramusim di Sirkuit Mandalika, masyarakat tampaknya sedang antusias terhadap ajang balapan kelas dunia tersebut.

"Kalau tidak, bisa kehilangan penonton karena tidak mengetahui siaran atau programnya telah bermigrasi ke TV Digital," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: