Pemerintah pastikan pengerjaan infrastruktur KEK Mandalika tepat waktu

Senin, 21 Februari 2022 | 16:09 WIB ET

Jakarta – Pemerintah memastikan pengerjaan infstruktur Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tepat waktu. Mulai dari proyek pembangunan pelebaran jalan Kuta-Keruak, penataan rumah kumuh, drainase, hingga pembangunan dan penataan landscape di sepanjang jalan.  

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin mencontohkan proyek pelebaran dan perkerasan jalan Kuta – Keruak. Ia menyebut, prioritas pembangunan jalan sepanjang 5,3 kilometer tersebut adalah penyelesaian pelebaran jalur kiri pada segmen 1 sepanjang 1,6 kilomter, dan dan pelebaran jalan jalur kiri - kanan pada segmen 2 sepanjang 1,6 kilometer. “Target selesainya akhir bulan ini (Februari 2022),” kata Febry, di gedung Bina Graha Jakarta, Senin (21/2). 

Ia menyampaikan, pelebaran jalan Kuta-Keruak menggunakan lahan milik ITDC dan masyarakat. Agar clear and clean, ujar Febry, Kantor Staf Presiden sudah berkoordinasi dengan Pemprov NTB untuk melakukan pembebasan tanah masyarakat dengan baik. “Untuk pengerjaaanya pemerintah menunjuk langsung PT Pembangunan Perumahan dengan anggaran dari Kementerian PUPR,” tegasnya. 

Dalam kesempatan itu, Febry juga memastikan pemerintah telah melakukan berbagai evaluasi gelaran WSBK 2021. Diantaranya terkait penanganan genangan air. Mengantisipasi hal itu tidak terjadi lagi pada gelaran Pertamina Grand Prox of Indonesia atau MotoGP pada Maret mendatang, tutur Febry, sudah dibangun drainase pengendali banjir di kawasan pendukung dan di Sirkuit Mandalika. 

“Untuk drainase di kawasan pendukung yakni ke arah timur (sungai Songgong) ditargetkan selesai minggu kedua bulan Maret. Sedangkan di kawasan sirkuit selesai bulan ini,”ucapnya. 

Febry juga mengungkapkan, Kantor Staf Presiden terus mengawal percepatan pembangunan Infratruktur KEK Mandalika, dengan melakukan beberapa kali rapat koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait. “KSP akan memastikan Mandalika dipersiapkan dengan benar untuk menjadi satu magnet pariwisata baru di Indonesia,” jawabnya. kbc9

Bagikan artikel ini: