Dukung gaya hidup sehat dengan berolahraga di rumah, perlengkapan ini wajib Anda miliki

Kamis, 17 Maret 2022 | 14:03 WIB ET

GAYA hidup sehat kini telah menjadi sebuah kebutuhan, salah satunya dengan rutin berolahraga. Biasanya, kita akan datang ke gym saat ingin berolahraga atau melakukan latihan beban. Alasannya, di rumah tidak memiliki alat olahraga yang lengkap. Padahal ada beberapa rekomendasi alat olahraga di rumah yang bisa dibeli dan harganya juga cukup terjangkau.

Jika Anda berminat untuk membeli alat olahraga yang bisa digunakan di rumah, ada baiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Sebelum itu, perhatikan terlebih dahulu kebutuhan yang dimiliki agar alat olahraga yang nantinya dibeli bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Dumbell

Dumbell bermanfaat untuk membantu seseorang yang ingin angkat beban di rumah. Alat ini bisa digunakan untuk pemberat saat melakukan squat. Selain itu, jika jumlahnya ada dua bisa digunakan untuk melakukan latihan dada dengan konsep bench press.

Latihan tangan juga bisa menggunakan dumbell dengan ukuran yang bervariasi. Misal digunakan untuk latihan otot biseps atau latihan otot triceps. Latihan otot punggung juga bisa menggunakan alat ini. Singkatnya, dumbell memiliki fungsi yang sangat beragam.

Tali Skipping

Alat olahraga di rumah yang paling sering digunakan adalah tali skipping. Alat ini berbentuk tali panjang yang di kedua ujungnya terdapat pegangan. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa berolahraga santai di halaman rumah atau di kebun.

Konsep dari skipping ini mirip sekali dengan lompat tali. Anda akan melompat dengan cepat dalam jangka waktu tertentu. Tinggi dan rendahnya lompatan akan menentukan seberapa besar kalori yang akan dibakar. Alat ini cocok sekali untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Resistant Band

Alat ini bentuknya seperti tali atau karet elastis yang sangat kuat. Fungsinya untuk memberikan tekanan yang besar seperti memakai alat berat. Jadi, berbagai jenis gerakan bisa dilakukan dengan menggunakan alat ini.

Harga dari resistant band juga tidak terlalu mahal dan sangat awet. Jadi, jika Anda ingin membeli alat olahraga yang portable dan bisa dimasukkan ke dalam tas, alat ini adalah pilihan yang tepat, Mau pergi ke mana pun baik indoor atau outdoor masih sempat berolahraga.

Treadmill

Treadmill digunakan untuk berjalan santai, berjalan cepat, hingga jogging. Dengan menggunakan alat olahraga ini Anda bisa melakukan latihan kardio kapanpun diinginkan. Bahkan, bisa melakukan latihan kardio bersamaan dengan mendengarkan musik atau melihat video.

Ada dua jenis treadmill yang bisa ditemukan di marketplace. Pertama adalah jenis manual yang hanya bisa bergerak kalau Anda mulai berjalan. Kedua adalah treadmill yang bisa bergerak dengan sendirinya dan bisa diatur kecepatanya.

Sepeda Statis

Alternatif alat olahraga untuk kardio lain yang bisa dibeli adalah sepeda statis. Alat ini bentuknya mirip sekali dengan sepeda, tetapi tidak bergerak sama sekali. Bagian rodanya akan diberi semacam beban untuk memaksimalkan gocekan pedal saat dipakai.

Sepeda statis jenisnya cukup bervariasi mulai dari sepeda dengan speedometer analog hingga yang digital. Bahkan, ada juga yang menggunakan penghitung kalori.

Kettlebell

Fungsi dari kettlebell mirip sekali dengan dumbell. Alat ini dipakai sebagai pemberat untuk melakukan berbagai aktivitas. Umumnya, alat ini akan dipakai untuk latihan tangan dan kaki. Terkadang juga dipakai untuk melatih otot di perut.

Alat ini memiliki pegangan di bagian atas yang cukup mudah untuk dipegang. Jadi, cocok sekali untuk mereka yang kesulitan menggunakan dumbell. Apabila Anda ingin membeli alat olahraga ini, disarankan untuk memilih ukuran yang sesuai agar bisa digunakan secara maksimal dan tidak memicu cedera.

Power Rack

Salah satu alat gym yang umumnya dijual dan banyak digunakan di rumah adalah power rack. Biasanya alat ini akan terdiri dari beberapa panel rak yang di bagian tengahnya terdapat bench atau kursi. Anda bisa melakukan dada atau latihan otot bawah dengan alat ini.

Power rack umumnya dilengkapi juga dengan barbell yang memiliki berat 20 kg. Selain itu, dilengkapi juga dengan plate dengan ukuran berat yang bervariasi. Hanya dengan alat ini saja, berbagai teknik angkat beban sudah bisa dijalankan dengan baik.

Alat olahraga di rumah sebenarnya sudah cukup mudah untuk didapatkan. Bahkan bisa dibeli secara langsung dengan menggunakan aplikasi Shopee. Apalagi saat ini di Shopee sedang ada banyak kampanye belanja yang cukup menguntungkan dan hemat bujet.

Jika Anda ingin belanja hemat dengan menggunakan Shopee, manfaatkan saja layanan Shopee Express. Dengan layanan ini, seluruh barang atau paket yang Anda pesan bisa dikirim dengan cepat, gratis ongkos kirim setiap hari, hingga ada jaminan keamanan produk. Segera cek aplikasi Shopee dan belanja alat olahraga yang dibutuhkan.

Bagikan artikel ini: