Jauh sebelum pandemi, komitmen Enesis perkuat kesehatan masyarakat telah melekat

Senin, 21 Maret 2022 | 19:47 WIB ET
Public Relations Officer Enesis Group, Grisella da Lope (atas), produk-produk andalan Enesis Group (bawah).
Public Relations Officer Enesis Group, Grisella da Lope (atas), produk-produk andalan Enesis Group (bawah).

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi. Indeks Pembangunan Manusia meletakkan kesehatan adalah salah satu komponen utama pengukuran selain pendidikan dan pendapatan.

Kondisi umum kesehatan di Indonesia dipengaruhi oleh faktor lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan. Khusus pelayanan kesehatan terdiri dari beberapa komponen antara lain ketersediaan dan mutu fasilitas pelayanan dan tenaga kesehatan, obat dan pendukung kesehatan.

Namun semua itu tidak.bisa seluruhnya dibebankan kepada pemerintah, namun juga perlu dukungan swasta, dalam hal ini pelaku industri dan masyarakat itu sendiri.

Berbicara soal peran swasta dalam menjaga kesehatan masyarakat, seakan tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka sejak awal sudah ikut berperan melalui berbagai produk yang dihasilkan dan mampu diterima masyatakat.

Salah satu yang telah lama peduli kepada kesehatan masyarakat melalui produk inovatifnya adalah Enesis Group.

Enesis Group adalah perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) yang berdiri pada tahun 1988. Produk pertamanya Soffel (awalnya bernama Sari Puspa), lotion anti nyamuk pertama di Indonesia. Saat ini bahkan Soffel menjadi pemimpin pasar lotion anti nyamuk di Asia dan Timur Tengah.

Enesis Group sendiri terdiri dari 3 perusahaan yaitu PT Herlina Indah, yang memproduksi produk-produk household & personal care (non food), seperti Soffell, Kispray, Antis, dan ForceMagic, dan Plossa Press and Soothe Aromatics, lalu PT Sari Enesis Indah, yang memproduksi ready to drink dan suplemen makanan (food) seperti Adem Sari, Adem Sari Ching Ku, Air Sejuk Adem Sari, Amunizer, Scrubber, Vegeta, Proman, dan Coolant, dan PT Marketama Indah untuk distribusi dan pemasaran produk-produk Enesis Group.

Terkait komitmen perusahaan dalam ikut membantu menjaga kesehatan masyarakat ini, Public Relations Officer Enesis Group, Grisella da Lopez mengatakan, bahwa sejak didirikan, komitmen dari Enesis Group adalah berupaya memenuhi kebutuhan konsumen dengan mengembangkan produk-produk inovatif dengan menjamin kualitas produk, memperkuat jaringan distribusi dan komunikasi kreatif kepada konsumen.

"Kami terus mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten, profesional dan memiliki integritas yang tinggi dengan memadukan kreatifitas dan teknologi," katanya pada press conference virtual baru-baru ini.

Dikatakan Grisella, semua ide produk yang dikeluarkan Enesis Group melalui riset pasar guna memenuhi semua kebutuhan dan solusi kesehatan bagi masyarakat.

"Kami selalu mencari something yang related di Indonesia. Misalnya produk Antis, itu dihadirkan karena budaya orang Indonesia memakai teh tawar atau jeruk nipis untuk cuci tangan. Nah kita akan terus mengeluarkan varian-varian produk yang idenya dari kebiasaan masyarakat Indonesia," ulasnya.

Inovasi itu juga yang membawa produk Enesis Group bukan hanya merajai pasar di Tanah Air, tapi juga berbagai negara. Saat ini setidaknya ada 17 negara yang menjadi pasar potensial Enesis Group. Yakni Indonesia, Singapore, Vietnam, China, Hongkong, Taiwan, Saudi Arabia, Thailand, Sri Lanka, Sudan, Saudi Arabia, Myanmar, Malaysia, Brunei, United States, India, dan Philippines.

"Grup Enesis bertekad untuk menciptakan produk-produk baru dan memperluas pasar baik secara lokal maupun global. Ekspansi teranyar Enesis meliputi proyek penetrasi pasar di China, Vietnam, Thailand, dan Amerika Serikat," beber Grisella.

Makin dicari saat pandemi

Tak disangka, saat pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, beberapa produk Enesis Group yang sudah dikenal di pasar kian diburu masyarakat. Ini artinya, jauh sebelum pandemi, Enesis Group sudah komitmen untuk menghasilkan produk-produk kesehatan yang terbaik dan menjadi solusi di masyarakat.

Selain Antis Antiseptic yang memang sudah menjadi market leader di segmen produk pembersih tangan berbasis alkohol (hand sanitizer), juga Plossa Press & Soothe Aromatics yang hadir sejak tahun 2018.

"Produk Plossa Press & Soothe Aromatics adalah aromaterapi menyegarkan dengan konsep 4-in-1, inhaler, roll on, scrapping banyak diburu masyarakat saat pandemi," ungkapnya.

Menurut Sirclo, perusahaan enabler ecommerce, selama pandemi periode 2020-2021, peningkatan terjadi pada penjualan produk sanitasi tangan alias hand sanitizer, yang mencapai 531%, sedang produk sabun tangan mengalami peningkatan 304%. Posisi ketiga ditempati oleh produk tisu basah sebesar 227%. Sementara produk kesehatan dan suplai vitamin juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 210%.

Bahkan saat pandemi pun, Enesis Group tetap berinovasi. Pada 2020, perusahaan mengeluarkan Amunizer, suplemen amunisi daya tahan tubuh dengan kandungan Vitamin C 1000mg, Eldeberry dan herbal alami.

"Minuman ini merupakan salah satu inovasi kami dalam pencegahan Covid-19," ujar Grisella.

Dia mengklaim, minuman ini memiliki kandungan yang paling lengkap dibanding produk-produk lainnya. Kegunaannya untuk memaksimalkan daya tahan tubuh.

"Selain itu juga terdapat kandungan  vitamin C 1000mg, mengandung Zinc untuk mengaktifkan limfosit yang berperan dalam imunitas tubuh," ungkapnya.

Bukan hanya dari sisi produk, konsep penjualan juga terus dikembangkan. Termasuk saat pandemi Covid-19, menurut Grisella, ada penyesuaian dan kreativitas seiring dengan adanya pembatasan mobilitas masyarakat.

"Kami ada penguatan di layanan home delivery services, dimana yang selama sebelum pandemi penjualan kami di e-commerce atau online sedikit, saat pandemi meningkat, termasuk delivery melalui nonor Whatsapp. Jadi konsumen pesan hari itu barang nyampai keesokan harinya. Pembayaran bisa via transfer atau COD," ulasnya.

Tanggung jawab sosial

Bagi Enesis Group, menjaga kesehatan masyarakat tidak melulu bisnis, dalam artian produk yang dijual sesuai kebutuhan masyarakat. Perusahaan memiliki tanggung jawab sosial dalam rangka ikut membantu pemerintah dalam hal kesehatan masyarakat.

Termasuk saat pandemi Covid, Enesis Group berkomitmen membantu membangun kesehatan masyarakat, melalui program corporate social responsibility (CSR). Hal ini dilakukan guna membantu menekan penyebaran Covid-19 serta menciptakan herd immunity di masyarakat.

"Kami bekerja sama dengan berbagai lembaga dan kementerian, rumah sakit, hingga puskesmas baik melalui donasi produk kesehatan maupun vaksinasi," ulas Grisella.

Enesis Group berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, menyelenggarakan sentra vaksinasi dengan harapan membantu terwujudnya "herd imunnity" serta membantu pemulihan ekonomi nasional. Sentra vaksinasi yang digelar di Jakarta International Equestrian Park, Jakarta Timur dibuka sejak 21 Juni hingga 8 Juli 2021 dengan sasaran target prioritas dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta yaitu pekerja transportasi publik dan masyarakat umum usia 18 tahun keatas yang berdomisili DKI Jakarta.

Selain vaksinasi, Enesis Group juga menbagikan secara gratis beberapa produk kesehatan, seperti Antis Hand Sanitizer, Plossa Eucalyptus, serta Amunizer.

Pada November 2021 juga Enesis Group melalui Antis Hand Sanitizer bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (parekraf) RI meluncurkan mobil vaksinasi keliling untuk menyasar pelaku parekraf dan masyarakat umum yang belum tervaksinasi di daerah Jawa, Bali, NTB selama 3 bulan.

Kolaborasi ini merupakan langkah konkrit dari Antis untuk menyukseskan target vaksin dari pemerintah. Antis juga sebelumnya turut mendukung kegiatan vaksinasi di destinasi wisata prioritas seperti Mandalika, Toba, dan yang akan datang Labuan Bajo, Likupang dan Borobudur.

Antis juga turut melakukan penyerahan donasi 10 juta Antis kepada Kemenparekraf RI untuk mendukung protokol kesehatan di destinasi wisata Indonesia. Saat ini alokasi antis tersebut sudah dialokasikan dibeberapa titik seperti Raja Ampat, Ambon, Lombok, Tarakan, Gorontalo, Ternate, Medan, Toba dan lainnya.

Pada 5 Januari 2022, Enesis Group bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral Perhubungan Darat melakukan kegiatan pembagian healthy kit yang berisikan Antis Hand Sanitizer, Plossa Minyak Aromaterapi, Soffell Anti Nyamuk, Scrubber dan vitamin Amunizer. Produk-produk kesehatan dari Enesis Group ini diharapkan dapat melindungi masyarakat dalam perjalanan mereka dalam merayakan libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sehingga aman dan sehat.

Healthy kit dibagikan di sejumlah fasilitas umum seperti terminal, stasiun, pelabuhan, rest area hingga jembatan timbang.

"Enesis Group berpegang teguh pada komitmen untuk selalu menghasilkan produk-produk yang inovatif. Produk-produk Enesis telah dikenal sebagai merk yang terpercaya, dengan tekad kuat untuk memberikan yang terbaik demi kepuasan pelanggan, termasuk tanggung jawab sosial pada kesehatan masyarakat," pungkas Grisella. kbc7

Bagikan artikel ini: