Potensi transaksi lebih besar, Erick Thohir ingatkan jangan nomor duakan wisatawan lokal

Rabu, 30 Maret 2022 | 09:45 WIB ET
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri BUMN Erick Thohir mengimbau agar sektor pariwisata mulai membangun wisatawan alias turis lokal, tidak hanya fokus pada turis asing. Mengingat, transaksi turis lokal jauh lebih besar daripada wisatawan asing.

Erick menyebut, selama ini pariwisata fokus pada turis asing. Padahal, transaksi wisatawan asing cuma Rp300 triliun. Sementara, turis lokal menyumbang Rp1.400 triliun.

"Jangan selalu menomorduakan bangsa kita. Kita harus membaca peta yang benar supaya tidak salah berinvestasi," ujarnya dikutip dari akun resmi Instagram @erickthohir, Selasa (29/3/2022).

Menurut Erick, sektor pariwisata tidak boleh menutup mata dengan potensi turis lokal. Bahkan, sudah waktunya membuka hati dan membangun turis lokal.

"Bukan turis asing terus," tuturnya.

Dia mencontohkan, kesuksesan acara internasional, seperti MotoGP Mandalika yang diramaikan oleh turis asing, dan berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di kawasan pariwisata.

"Event MotoGP telah berakhir. Kita saksikan sendiri masyarakat Indonesia beramai-ramai datang menyukseskan acara ini. Pembukaan lapangan kerja semakin meningkat dan produktivitas masyarakat sekitar kembali pulih. Alhamdulilah," jelas Erick.

Sebelumnya, Erick mendorong pembangunan infrastruktur untuk pariwisata lokal di Pulau Madura.

Namun, Erick menegaskan, bukan berarti anti turis asing, melainkan ingin mendorong Indonesia jadi bangsa yang menghargai bangsanya sendiri dan membangun kekuatan budaya Indonesia.

Karenanya, Erick juga mengajak pemerintah-pemerintah daerah bisa pro aktif dalam mengundang investor guna membangun infrastruktur bagi turis lokal di daerahnya masing-masing. kbc10

Bagikan artikel ini: