Pemerintah kebut pembangunan 8 bandara baru hingga 2024, termasuk Kediri

Rabu, 6 April 2022 | 10:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah berupaya menyelesaikan pembangunan bandara baru hingga 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan akan ada 10 bandara baru dan dua di antaranya sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Artinya, Novie menjelaskan, masih ada 8 bandara lagi yang akan dikebut untuk selesai sebelum tahun 2024.

"Direktorat Jenderal Udara sudah menyelesaikan 2 bandara baru sebelumnya Bandara Toraja dan Bandara Ngloram yang sudah diresmikan oleh bapak Presiden dan saat ini sudah dioperasikan dan memberikan manfaat terkait konektivitas," jelasnya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Selasa (5/4/2022).

"Selanjutnya untuk target 8 bandara lainnya akan diselesaikan sebelum tahun 2024," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga menargetkan untuk menambah rute jembatan udara sebanyak 43 pada 2024.

"Kegiatan jembatan udara subsidi atau angkutan perintis dan subsidi angkutan kargo hingga 2022 telah ini terdapat ada 41 rute angkutan udara perintis dan 1 akutan angkutan kargo sebagian besar ada di Papua dan ditargetkan bertambah 43 rute sampai 2024," lanjutnya.

Novie juga mengungkapkan bahwa dalam pembangunan masih adanya kendala anggaran karena belanja negara terkena tekanan akibat Covid-19. Pihaknya pun berupaya juga untuk mencari skema baru untuk pembiayaan terkait pembangunan maupun pelayanan.

Salah satu skema yang saat ini digunakan adalah creative financing. Program itu merupakan paradigma baru dalam membiayai pembangunan. Ia tidak menjelaskan dengan jelas terkait skema tersebut, hanya menerangkan bahwa program itu telah digunakan dalam beberapa pembangunan bandara.

"Creative financing di Direktorat Jenderal Udara sesuai arahan bapak Menhub telah diimplementasikan dan dikembangkan serta diprogramkan seperti KPBU untuk bandara di Labuan Bajo, dan saat ini sedang berproses untuk di bandara Kediri, dan di Bintan, juga dipersiapkan bandara lainnya seperti di Singkawan," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: