BI Jatim siapkan uang tunai Rp12 triliun penuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran

Senin, 11 April 2022 | 13:08 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kantor perwakilan Bank Infonesia (BI) Jawa Timur membuka layanan penukaran uang baru, baik melalui kas keliling BI, layanan cabang perbankan tertentu, hingga konsep penukaran drive thru.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur Budi Hanoto menuturkan, layanan tersebut dibuka dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat saat Ramadan dan lebaran Idul Fitri 1443 H.

Budi menjelaskan, pihaknya menyiapkan uang tunai Rp 12 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Surabaya dan sekitarnya sepanjang Ramadan dan Idul Fitri. Menurutnya, dalam upaya mempermudah masyarakat menukarkan uangnya, tahun ini BI Jatim membuka layanan penukaran drive thru, bekerja sama dengan 31 perbankan di Surabaya.

"Layanan yang baru pertama kali diterapkan di Surabaya ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat Surabaya," ujar Budi, Minggu (10/4/2022).

Budi berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas layanan drive thru dengan baik dan tidak perlu menukar di tempat tidak resmi yang berbayar. Lewat layanan drive thru, lanjut Budi, masyarakat dapat menukar denga aman, nyaman, gratis, dan terhindar dari risiko menerima uang palsu.

"Kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berbelanja secara bijak, tetap merawat uang rupiah dan mulai membiasakan diri bertransaksi secara non tunai," ujar Budi.

Dia menjelaskan, layanan penukaran secara drive thru tersebut dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu, mulai 9 hingga 24 April 2022. Kegiatan penukaran dibagi menjadi dua sesi. Sesi I pukul 09.00-11.00 Wib dan sesi II pukul 13.00-15.00 Wib yang bertempat di Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur.

"Untuk pemerataan penerima uang baru, setiap penukar hanya dapat menukar uang maksimal Rp 3,8 juta yang terdiri dari maksimal satu bendel untuk masing-masing pecahan Uang Rupiah Kecil (UPK) dari Rp 20 ribu sampai dengan pecahan Rp 1.000," kata Budi. kbc10

Bagikan artikel ini: