Kalah jauh dari Singapura dan China, produk UMKM RI baru sumbang 15% ekspor

Rabu, 13 April 2022 | 16:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ekspor produk UMKM di Indonesia hanya 15% dari total ekspor nasional. Ekspor UMKM RI jauh tertinggal dari negara tetangga seperti Singapura dan China.

"Ekspor UMKM Indonesia saat ini baru mencapai sekitar 15% dari total ekspor nasional, tertinggal jauh dari negara lain seperti Singapura sudah 41% dan China bahkan sudah 60%. Ini harus kita tingkatkan," kata Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Selasa (12/4/2022).

Oleh karena itu, Wapres mengatakan, melalui Gernas Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun 2020, pemerintah ingin semakin membangkitkan gairah masyarakat akan produk-produk lokal dan kebanggaan menggunakannya.

"Kita terus berupaya agar produk dalam negeri terutama produk UMKM menjadi tuan rumah di negeri sendiri, mengalahkan konsumsi produk impor," kata Wapres.

"Dengan cara ini kita berharap produk UMKM akan semakin naik kelas. UMKM semakin berjaya dalam mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dan semakin siap melakukan ekspor," imbuhnya.

Wapres mengatakan, saat ini adalah era di mana teknologi menjadi bahan bakar kesejahteraan. Setelah pandemi Covid-19 melanda kekuatan teknologi semakin tampak mendisrupsi hampir seluruh kehidupan. Teknologi digital, katanya, juga berpengaruh termasuk dalam merumuskan taktik mempromosikan produk UMKM.

"Kita tidak punya pilihan selain terus meningkatkan kekuatan dan literasi digital bangsa kita. Berbagai tantangan digitalisasi jawab dengan aksi. Oleh karena itu saya mengapresiasi terobosan pemimpin daerah untuk memacu perkembangan ekonomi digital di daerahnya termasuk Sumatera Barat," papar Wapres. kbc10

Bagikan artikel ini: