Pelindo Regional 3 siapkan 20 terminal penumpang layani mudik Lebaran 2022

Minggu, 17 April 2022 | 12:56 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pelonggaran aturan mudik lebaran dan berpergian yang diberikan oleh pemerintah dampak dari menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia di prediksi akan memicu peningkatan arus pemudik pada mudik Lebaran 2022.

Menyikapi hal tersebut, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 mulai melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini khususnya via jalur laut.

Sejumlah langkah antisipasi tersebut diantara meliputi penyiapan terminal penumpang yang ada di masing- masing pelabuhan. Diantaranya ialah penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi calon pemudik baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

Sejumlah fasilitas yang dipastikan siap diantaranya adalah ruang tunggu bagi calon penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan cctv guna memastikan keamanan bagi calon pemudik.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menyampaikan, sedikitnya terdapat 20 terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3 yang disiapkan untuk menyambut arus mudik lebaran 2022 ini. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2022 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

"Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami. Semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, mushola hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini," jelas Ardhy di Surabaya, Minggu (17/4/2022).

 Ardhy menambahkan, pasca dilonggarkannya aturan berpergian oleh pemerintah, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh pihak khususnya calon penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan khususnya di terminal penumpang agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

"Kami menghimbau kepada seluruh pemudik untuk terus mematuhi protokol kesehatan selama perjalan khususnya berada di terminal penumpang kami. Selain itu petugas kami akan terus kami siagakan untuk meningkatkan protokol kesehatan selama di terminal," pungkas Ardhy. kbc6

Bagikan artikel ini: