Promosikan produk unggulan, Pemprov Jatim gelar Bazaar K-UKM 'Ramadhan Sale 1443 H'

Senin, 18 April 2022 | 22:15 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Dalam rangka menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1443 H serta mendukung program pemerintah dalam kebangkitan ekonomi & UMKM melalui pemberdayaan dan promosi produk-produk unggulan masyarakat daerah, PT Amara Satu Raya yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi dan UKM menyelenggarakan Bazaar K-UKM "Ramadhan Sale 1443 H". Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara K- UKM EXPO 2022.

Bazaar K-UKM "Ramadhan Sale 1443 H" dilaksanakan pada 18 - 20 April 2022 di halaman kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, di kawasan Jalan Raya Juanda, Sidoarjo.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Dr. Andromeda Qomariah mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam penyediaan beberapa bahan pokok dan bentuk lain yang cenderung meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Terdapat beberapa program acara antara lain, Paket Sembako Murah, Takjil Gratis, Penukaran Uang Baru, Fashion Muslim, Live Shopping by Tokopedia, Galeri Batik Dekranasda dan Promo Spesial Oleh-Oleh Khas Jawa Timur," katanya, Senin (18/4/2022).

Terdapat juga program spesial dalam rangka menyambut Hari Kartini, yaitu Talkshow bagi Pelaku Usaha Wanita (Womenpreneur) antara lain, Sosialisasi Literasi Keuangan untuk K-UKM, Pelatihan Kelas Maju Digital Jawa Timur, Laporan keuangan Berbasis Aplikasi, dan Manajerial Dalam Menghitung HPP.

Selain itu, juga ada pemberian penghargaan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur kepada Pengusaha Muda Tom Liwafa dan Ketua HIMPI Jatim Rois Sunandar Maming sebagai tokoh muda.

Asisten III Setda Provinsi Jawa Timur, Sjaichul Ghulam saat membuka acara ini menyampaikan pesan dari Gubernur Jawa Timur, bahwa Bazaar K-UKM Ramadhan yang diselenggarakan ini merupakan momen yang tepat karena selain giat ini untuk menyambut Hari Kartini juga menyemarakkan Ramadan serta menyambut Idul Fitri.

"Dimana sudah menjadi suatu tradisi setiap Ramadhan dan Idul Fitri peningkatan konsumsi masyarakat khususnya untuk produk-produk makanan, minuman, kriya dan fashion. Model marketing seperti ini perlu terus dikembangkan dengan inovasi-inovasi baru yang menarik di masa depan. Sehingga selain K-UKM dapat menjual produk juga dapat knowledge untuk mendukung peningkatan kualitas produksi, adminitrasi keuangan, management dan pengembangan," ulasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh Bank Jatim, Bank UMKM, SRC (Sampoerna Retail Community), Telkom Indonesia, Bank BNI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perternakan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Koperasi Kab. Blitar, Lawang Agung, HIPMI Jatim, KADIN Jatim, IWAPI, GASPOL, AHJ, Muslimat NU, Fatayat NU, PERSANA, PERSADIR, PERABA, PERWIRA, APMMJ, APKLI, Serta Asosiasi-Asosiasi Binaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.

"Dengan adanya program- program pemerintah yang terus mendukung penuh UMKM Jawa Timur dan Produk Unggulan Kreatif diharapkan dapat meraih peluang dalam memperluas jaringan usaha serta menambah pemasukan PDRB Provinsi Jawa Timur," pungkas Andromeda. kbc7

Bagikan artikel ini: