Masyarakat dibolehkan nonton ajang olahraga, syaratnya sudah vaksin booster

Selasa, 19 April 2022 | 09:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah memperbarui aturan kegiatan masyarakat aman Covid-19. Kini, masyatakat boleh menonton langsung ajang pertandingan olahraga, tapi wajib sudah vaksinasi booster.

Jika belum booster, minimal masyarakat yang akan menonton telah divaksin dosis kedua, Hanya mereka masih harus dites Covid-19 antigen di lokasi pertandingan.

Aturan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2022 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali hingga 9 Mei 2022 mendatang.

"Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 19 April 2022 sampai dengan tanggal 9 Mei 2022," dikutip dari Inmendagri yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Selasa (19/4/2022).

Berikut ketentuan pelaksanaan pertandingan olahraga aman Covid-19:

a. Tempat penyelenggaraan hanya di wilayah kabupaten/kota dengan kriteria level 3 (tiga), level 2 (dua), dan level 1 (satu);

b. Seluruh pemain, ofisial, kru media, staf pendukung dan penonton wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan;

c. Pelaksanaan kompetisi diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion dengan maksimal persentase dari kapasitas stadion mengikuti kriteria level di wilayah Kabupaten/Kota sebagai berikut:

50% untuk level 3, 75% untuk level 2, dan 100% untuk level 1.

Seluruh penonton yang hadir langsung di stadion wajib sudah divaksin booster atau vaksinasi lengkap dan hasil negatif antigen pada hari pertandingan.

d. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, hasil negatif antigen pada hari pertandingan; dan

e. Pelaksanaan kompetisi wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan. kbc10

Bagikan artikel ini: