Nobu Bank gandeng MPulsa salurkan KUR

Rabu, 20 April 2022 | 11:09 WIB ET

Surabaya –  PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) menandatangani kerja sama penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan PT Modern Pulsa Investama, sebuah perusahaan teknologi finansial yang mengembangkan aplikasi layanan keuangan yang disebut MPulsa. Acara yang diselenggarakan di Airlangga Room Hotel Bumi Surabaya di Surabaya, Jawa Timur tersebut dihadiri oleh CEO MPulsa, Abdul Muidz, dan Head of Retail Banking Nobu Bank, Steve Marciano Joe. Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan KUR secara simbolis kepada 5 Agen MPulsa sebagai perwakilan para penerima KUR Nobu Bank.

Steve Marciano Joe mengatakan bahwa Nobu Bank telah bekerja sama dengan MPulsa sejak tahun 2020 dalam hal penyediaan QRIS sebagai transaksi pembayaran digital bagi ratusan ribu UMKM (agen) dalam ekosistem MPulsa. UMKM yang telah mengenal transaksi pembayaran digital tersebut kini dapat didukung modal kerjanya melalui kerja sama penyaluran KUR dengan Nobu Bank. Sebagai bank penyalur KUR, Nobu Bank berupaya melakukan berbagai terobosan, salah satunya dengan menyalurkan KUR melalui channel ekosistem digital seperti MPulsa yang nantinya akan dilanjutkan dengan platform ekosistem digital lainnya dalam waktu dekat.

Selaku CEO MPulsa, Abdul Muidz dalam sambutannya mengapresiasi kerja sama dengan Nobu Bank dalam hal penyaluran KUR ini, karena telah membuka akses yang lebih luas bagi agen-agen MPulsa rata-rata untuk memperoleh permodalan guna mengembangkan usahanya. Dengan kredit modal kerja ini, para agen MPulsa yang rata-rata adalah pelaku usaha mikro ini akan sangat terbantu dalam meningkatkan volume bisnisnya sehingga mereka secara bertahap dapat meningkatkan kesejahteraan.

Abdul Muidz mengharapkan bahwa kolaborasi ekosistem digital dengan perbankan seperti yang dilakukan MPulsa dengan Nobu Bank dalam penyaluran KUR ini dapat menjadi inspirasi bagi pengelola ekosistem digital lainnya. 

PT Modern Pulsa Investama adalah pengelola aplikasi MPulsa, sebuah platform bisnis digital yang menyediakan layanan finansial digital untuk masyarakat dan pelaku UMKM khususnya bagi mereka yang belum terjangkau oleh perbankan atau layanan keuangan lainnya. Perusahaan yang berkantor di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur ini telah memiliki ratusan ribu jaringan agen pulsa yang tidak hanya berada di Jawa Timur, namun tersebar di seluruh Indonesia.

Tidak hanya pulsa, aplikasi MPulsa juga melayani berbagai pembayaran seperti token listrik, PDAM, top-up game, TV Kabel dan lain-lain, termasuk supply chain management (Kulakan) dan System as a Service (Kasir).

Dalam transformasi digital yang tengah dilakukannya, Nobu Bank tetap konsisten untuk mengemban misi pengembangan UMKM di Indonesia, salah satunya melalui penyediaan permodalan. Kerja sama penyaluran KUR dengan ekosistem digital dapat mengakselerasi sekaligus memperluas inklusi keuangan karena mampu menjangkau pelaku UMKM yang mungkin selama ini kesulitan dalam mengakses permodalan di manapun berada. Nobu Bank akan terus berupaya memperluas kemitraan dengan berbagai pihak dalam penyaluran KUR ini, khususnya dengan ekosistem digital yang memiliki visi yang sama dalam mendukung pelaku UMKM dan industri kreatif untuk terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan

Bagikan artikel ini: