Cegah penyebaran Covid-19 di musim mudik, Pemprov Jatim siapkan random swab check

Rabu, 27 April 2022 | 09:09 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pemerintah Provinsi Jawa Timur bakal memberlakukan kegiatan random swab check di 23 rest area di Jatim selama masa mudik Lebaran tahun ini.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, random swab check ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada musim mudik.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan seluruh lapisan daerah di Jatim, salh satunya untuk melakukan reaktifasi PPKM Mikro, agar jika ada yang terkonfirmasi Covid-19 saat dilakukan swab maka orang tersebut dapat segera tertangani di tempat pelayanan kesehatan terdekat," jelasnya dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022).

Dia mengatakan, di Jatim juga terdapat sebanyak 169 pos keamanan (pospam) dan 49 pos pelayanan (posyan). Pos-pos tersebut juga akan menjadi bagian dari kegiatan random swab check.

"Saya rasa pola ini juga sudah terkonfimasi kepada seluruh bupati/walikota, Dandim dan Kapolres ke bawah agar meningkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan," ujarnya.

Khofifah juga meminta kepala daerah agar melakukan pengawasan protokol kesehatan di area wisata favorit serta memastikan setiap destinasi wisata menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk menjaga kapasitas kunjungan wisata.

"Ada 8 area yang sangat favorit di Jatim seperti Sarangan, Pacet Mojokerto, BTS (Bromo Tengger Semeru) dan kawasan Ijen dan lainnya. Kita minta pada bupati/walikota dan satgas Covid untuk menghitung kapasitas maksimal tempat wisata," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: