Merasakan pengalaman berkendara bersama inovasi WISE di Wuling Almaz RS

Selasa, 17 Mei 2022 | 18:32 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Wuling Motors telah meluncurkan model terbarunya, Wuling Almaz RS pada 2021 lalu sebagai varian anyar dari SUV andalan Wuling Almaz yang telah hadir di pasar Tanah Air sejak 2019 lalu.

Kehadiran Wuling Almaz RS mampu menarik perhatian konsumen, salah satunya karena dibekali sejumlah inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Inovasi ini terdiri dari Advanced Driver Assistance System (ADAS), internet of Vehicle (IoV), hingga perintah suara pintar berbahasa Indonesia pertama, Wuling Indonesian Command (WIND).

Oleh karena itu, guna membagikan pengalaman berkendara dengan Wuling Almaz RS dengan segala kecanggihannya, Wuling Motors (Wuling) melanjutkan program 'Wuling Almaz RS Media Experience’ dengan mengajak media regional di Surabaya untuk mengenal lebih dalam inovasi WISE yang ada di flagship SUV Wuling, Almaz RS.

"Wuling Almaz RS Media Experience adalah kegiatan berbagi pengalaman berkendara dengan ragam inovasi yang ada di Wuling kepada rekan media. Almaz RS, Intelligent Digital Car merupakan lini produk yang didukung dengan inovasi paling lengkap. Kami berharap, melalui acara ini dapat menjawab rasa penasaran rekan media akan inovasi di Almaz RS yakni WISE, yang menyajikan pengalaman berkendara modern," jelas Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors di sela kegiatan Wuling Almaz RS Media Experience di Surabaya, Selasa (17/5/2022).

Mengulas inovasi yang ada di Almaz RS memang sangat menarik. Pasalnya, penerapan inovasi ini sudah bisa dirasakan penggunanya mulai dari Internet of Vehicle (IoV). Fasilitas ini menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui konektifitas internet lewat aplikasi MyWuling+ serta Aead unit. IoV ini memiliki berbagai fitur yang dapat dikendalikan via MyWuling+, seperti Vehicle Positioning, Vehidle Remote Control, Geo-Fenang Security, hingga Bluetooth Key. Sedangkan para pengguna dapat mengakses Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App pada head unit yang didukung oleh WIND.

Kabarbisnis.com yang berkesempatan merasakan menjajal kendaraan SUV ini cukup merasa lega dengan kabin Almaz RS. Apalagi disematkannya head unit 10,4 inci touchscreen yang berada di tengah dashboard benar-benar seakan kita dimanjakan dengan beragam hiburan dan fitur canggih.

Tak lupa sapaan "Selamat Pagi" terdengar dari speaker yang menjadi ciri khas Wuling Almaz.

Ini adalah salah satu bagian dari inovasi WISE, yakni Wuling Indonesian Command (WIND), sebuah perintah suara pintar berbahasa Indonesia pertama ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fungsi Kendaraan termasuk pendingin udara, jendela, dan panoramic sunroof. Sistem perintah suara ini juga bisa mengakses ragam hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi, memperbesar atau mengecilkan volume, serta menanyakan tanggal dan waktu.

Begitu kendaraan berjalan, kami mulai bisa mengeksplor fitur atau inovasi Wuling Almaz RS, seperti fitur andalan ADAS yang bisa dioperasikan baik pada kemudi, tombol di dashboard maupun head unit. Fitur ini cukup membantu keamanan maupun kenyamanan pengemudi dan penumpang baik di jalan lengang maipun macet.

Saat kendaraan masuk jalan tol, kami mencoba fitur Forward Collission Warning yang terintergrasi dengan ADAS. Saat fitur ini aktif, maka muncul sinyal peringatan pada layar MID yang sangat jelas memberikan info jalur marka jalan dengan adanya objek di depan, mulai dari motor, mobil atau truk.

Lalu ketika melaju di jalur yang agak lapang dan menjajal fitur Lane Derparture Warning (LDW), maka ketika laju Almaz RS mendekati garis putus-putus pembatas jalan tanpa menyalakan sein, muncul peringatan di MID dan lingkar setir terasa bergetar.

Fitur Adaptive Cruise Controlnya juga sangat berfungsi sangat baik dan terasa sangat memanjakan kami yang di belakang kemudi.

Menurut Product Planning Wuling Motors, Handi Ahmad Shidig, fitur ADAS di Almaz RS terbagi dalam 4 kategori, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light dengan total 12 fitur.

"Teknologi ini mendukung kewaspadaan pengemudi sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi saat perjalanan," tuturnya.

Untuk fitur berkendara lainnya, Almaz RS diakomodasi fitur modern yang lengkap. Mulai dari wireless charging pad, panoramic sunroof, start-stop button, 360’ Camera, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVY), Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Immobilizer, Airbag, sampai dengan Emergency Stop Signal (ESS).

Almaz RS didukung oleh mesin bensin berkonfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.500cc turbocharged yang berkompeten memproduksi daya maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm. Kompetensi ini didistribusikan melalui CVT yang menjadikan perpindahan halus dan responsif.

Market share meningkat

Ditambahkan Brian Gomgom, keunggulan akan inovasi, kualitas produk, model, harga jual serta jaringan penjualan dan purna jual membuat Wuling kian mendapat tempat di pasar Tanah Air.

"Market share Wuling di pasar otomotif nasional per Maret 2022 ada di angka 2,5 persen. Trennya terus naik, karena kami mulai kuat di beberapa segmen, seperti Almaz di segmen SUV, juga Cortez dan Confero di segmen MPV," jelasnya.

Khusus varian Almaz RS, sejak diluncurkan pada 2021 lalu, hingga Maret 2022 sudah terjual sebanyak 6.753 unit secara nasional. Sedangkan total varian Wuling Almaz sejak dikenalkan pada 2019 lalu hingga Maret 2022 sudah terjual 16.451 unit.

"Kami optimis dengan market di tahun ini. Dengan beragam inovasi yang kami benamkan di Wuling, kami yakin market share Wuling akan terus naik," ujar Gomgom.

Saat ini Wuling Motors tengah menggeber program promo bertajuk Wuling Shopping Festival, dimana untuk harga Wuling Almaz RS 1.5L Pro dibanderol Rp 412,2 juta dari harga normal Rp 440,2 juta, Wuling Almaz RS 1.5L EX 7 Seater dihargai Rp 392,1 juta dari harga normal Rp 420,1 juta, dan Wuling Almaz RS 1.5L EX 5 Seater dibanderol Rp 380,1 juta dari harga normal Rp 408,1 juta.

Harga tersebut adalah On The Road Surabaya dan berlaku hingga program promo berakhir pada 31 Mei 2022. kbc7

Bagikan artikel ini: