40 Juta orang miskin bakal dapat jatah beli minyak goreng Rp14 ribu

Rabu, 18 Mei 2022 | 10:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian BUMN akan menyalurkan minyak goreng curah seharga Rp14 ribu per liter kepada 40 juta rakyat miskin. Masyarakat akan diberi jatah membeli 1-2 liter minyak goreng per hari.

"Ini nanti targetnya ke 40 juta masyarakat miskin. Mereka bisa 1-2 liter minyak goreng per harinya atau berapa lah," ujar Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN dalam halal bihalal BUMN, Selasa (17/5/2022).

Kementerian BUMN melalui Holding BUMN Pangan ID FOOD akan menyalurkan minyak ke 5.000 titik di seluruh Indonesia. ID FOOD akan melibatkan pengecer dalam penyaluran minyak.

"ID FOOD akan trial di 5000 titik untuk mencoba distribusi tapi juga melibatkan pengecer," ujar Arya.

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury mengatakan proyek percontohan distribusi minyak goreng itu dilakukan mulai akhir pekan ini dan hanya akan berlangsung sampai akhir Mei 2022.

Sebanyak 5.000 titik lokasi itu adalah pasar-pasar tradisional yang terletak di Sumut, Sumbar, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, NTB, Sulawesi, dan Kalimantan.

Pemerintah menempatkan peran pengecer minyak goreng sebagai kepanjangan tangan BUMN Pangan dalam pendistribusian.

"Tidak hanya pedagang atau pun pengusaha skala besar, para pengecer atau warung-warung, bahkan UMKM bisa menjadi mitra BUMN dalam pendistribusian minyak goreng," jelas Pahala.

Lebih lanjut Pahala menyampaikan, isu minyak goreng saat ini tidak hanya kelangkaan pasokan, tetapi juga upaya stabilisasi harga sesuai ketetapan pemerintah, mengingat banyak harga dipatok di atas harga eceran tertinggi (HET).

Karenanya, pemerintah mendorong BUMN Pangan untuk memperluas pasar hingga ke tingkat kecamatan, RT, dan RW, untuk mendata rumah tangga yang membutuhkan minyak goreng. kbc10

Bagikan artikel ini: