BTN raih suntikan dana Rp1,4 triliun untuk Program Sejuta Rumah

Jum'at, 20 Mei 2022 | 08:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mendapat suntikan pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total US$100 juta atau setara dengan Rp 1,4 triliun (Kurs Rp 14.000).

Fasilitas pinjaman tersebut akan digunakan Bank BTN untuk mendukung pembiayaan rumah rakyat dengan menyukseskan pembangunan sejuta rumah.

Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo mengatakan, pinjaman dari JICA merupakan bentuk kepercayaan dunia internasional terhadap peran Bank BTN dalam pembiayaan perumahan di Indonesia.

"Fasilitas pinjaman dari JICA ini merupakan bentuk komitmen dan keseriusan Bank BTN dalam mempercepat pencapaian Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Pemerintah," kata Haru di dalam siaran pers, seperti dikutip, Kamis (19/4/2022).

Menurut dia, fasilitas pinjaman dari JICA ini berjangka waktu 5 tahun. Dalam kerjasama ini, JICA mempersyaratkan adanya Bank Komersial yang turut memberikan fasilitas pinjaman kepada Bank BTN.

Untuk itu, BTN kemudian menggandeng BCA dan Citi Indonesia.

Dia menjabarkan, dari total kredit yang disalurkan sebesar US$100 juta, kontribusi JICA mencapai JPY 7 miliar atau setara US$60 juta. Sedangkan Citi dan Bank BCA memberikan fasilitas pembiayaan kepada Bank BTN sebesar Rp 560 miliar.

Berdasarkan keterangan Haru, fasilitas pinjaman dari JICA, Citi maupun BCA akan digunakan bank BTN untuk memberikan pembiayaan KPR kepada segmen menengah bawah, khususnya untuk yang berpenghasilan di bawah Rp 12 juta.

Saat ini, dia katakan segmen ini cukup mendominasi realisasi KPR BTN Non Subsidi. Pada tahun 2021, tercatat sebesar 72,55 persen merupakan penyaluran KPR pada segmen ini.

Untuk memenuhi komitmen perjanjian tersebut, Haru membidik generasi milenial dan generasi Z yang mendominasi demografi masyarakat Indonesia.

"Kami intensif menggandeng para pengembang yang membangun hunian yang sesuai dengan selera milenial, selain itu kami juga meracik beragam program KPR yang memudahkan akses para generasi Milenial maupun generasi Z seperti aplikasi BTN properti dan program KPR BTN Gaes For Milenial," kata Haru.

Lebih lanjut, dengan tambahan fasilitas pinjaman dari JICA, Haru bilang, BTN dapat menambah penyaluran KPR non subsidi untuk 460 unit rumah per tahun dari tahun 2022 sampai 2027 sesuai akhir tenor pinjaman JICA ke Bank BTN.

Tahun 2022 ini, Haru menjelaskan, target penyaluran KPR non subsidi sebesar 43.931 unit atau tumbuh 59,08 persen. kbc10

Bagikan artikel ini: