Indika gandeng investor startup kembangkan bisnis motor listrik

Minggu, 22 Mei 2022 | 13:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Emiten pertambangan dan energi PT Indika Energy Tbk (INDY), melalui anak usahanya PT Solusi Mobilitas Indonesia dan PT Indika Energy Infrastructure baru saja menandatangani perjanjian investasi bersama dengan Alpha JWC III, L.P. dan/atau afiliasinya (Alpha) untuk sektor kendaraan listrik roda dua melalui investasi pada PT Ilectra Motor Group (IMG).

"Rencana transaksi ini dilakukan melalui mekanisme pinjaman yang dapat dikonversikan sejumlah US$7.500.000 atau jumlah lain yang setara dalam Rupiah, pada tanggal penarikan pinjaman oleh IMG kepada Alpha," Adi Pramono, Sekretaris Perusahaan INDY, Jumat (20/5/2022).

Tanggal jatuh tempo dari perjanjian pinjaman yang dapat dikonversikan ini adalah enam tahun sejak tanggal perjanjian pinjaman yang dapat dikonversikan tersebut, dan dapat diperpanjang sampai dengan 10 tahun sejak tanggal perjanjian tersebut.

Adapun dampak rencana transaksi ini pada perseroan selaras dengan strategi diversifikasi perseroan khususnya dalam rangka ekspansi sektor usaha kendaraan listrik di Indonesia.

INDY memang semakin mantap meninggalkan bisnis batu bara dan bersiap menggarap bisnis lain termasuk emas dan motor listrik.

Dalam upaya menyongsong Ambisi Keberlanjutan Indika Energy, perseroan menargetkan 50% pendapatan berasal dari bisnis non-batu bara pada 2025 dan target mencapai net-zero emissions pada 2050.

Pada masa depan, perseroan bersiap menyongsong pengembangan usaha di bidang logistik dan infrastruktur (Kariangau Gapura Terminal Energi, Interport), emas, metal dan mineral lainnya (Nusantara), energi terbarukan, kendaraan listrik, dan solusi alam (EMiTS, TIME, EMI, dan Indika Multi Properti), transformasi digital dan analitik (Xapiens, ZebraX), hingga inkubasi bisnis untuk pengembangan bisnis baru.

Alpha JWC adalah modal ventura berbasis di Indonesia dan Singapura yang fokus mendanai startup. Beberapa portofolio investasi mereka adalah Modalku, TaniHub Group, dan Kopi Kenangan. Arsjad Rasyid, Presiden Direktur INDY dan Ketua Kadin Indonesia, adalah anggota Dewan Penasihat Alpha JWC. kbc10

Bagikan artikel ini: