BI kembali pertahankan suku bunga acuan di 3,5 persen, 15 bulan berturut-turut

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) masih memilih untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Days Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 3,5% atau di level terendahnya, dalam Rapat Dewan Gubernur BI bulan Mei 2022.

Dengan demikian, BI 7 Day Reverse Repo Rate tidak pernah berubah selama 15 bulan. Suku bunga acuan 3,5% adalah yang terendah sepanjang sejarah Indonesia.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keputusan ini sejalan dengan perlunya BI dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan tingkat inflasi.

"Serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, di tengah tingginya ketidakpastian eksternal," kata Perry dalam pembacaan hasil RDG BI Mei 2022 secara daring, Selasa (24/5/2022).

Tekanan eksternal ini datang dari konflik geopolitik Rusia dan Ukraina serta percepatan normalisasi kebijakan moneter di negara-negara maju dan bahkan negara berkembang.

Selain menahan suku bunga acuan, BI juga mempertahankan suku bunga deposit facility sebesar di level 2,75% dan suku bunga lending facility di level 4,25%.

Perry menambahkan, BI akan terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonoim lebih lanjut lewat berbagai langkah. kbc10

Bagikan artikel ini: