Pelaku industri optimis penjualan mobil tahun ini tembus 900 ribu unit

Selasa, 24 Mei 2022 | 20:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) optimis industri otomotif di Indonesia akan semakin membaik di tahun ini. Gaikindo mencatat penjualan kendaraan roda empat periode Januari-April 2022 sebanyak 347 ribu unit kendaraan. Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, ada peningkatan penjualan 266 ribu unit kendaraan.

"Kami dari Gaikindo, target penjualan pada 2022 itu baru 900 ribu unit. Tapi kalau lihat pengaruh seperti ini kami juga mulai optimis mungkin akan melebihi (target)," ujar Ketua III Gaikindo, Rizwan Alamsjah, di Jakarta, Selasa (24/5/2025).

Gaikindo juga menjabarkan alasan di balik keoptimisan itu. Salah satunya adalah teratasinya pandemi Covid-19 di Indonesia telah menciptakan suasana yang semakin kondusif. Di saat yang sama, kebijakan pemerintah dalam memberikan pelonggaran untuk kegiatan aktivitas masyarakat, juga memicu pergerakan ekonomi dan kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB). Kenaikan signifikan terjadi setelah berlakunya kebijakan PPnBM DTP.

Proyeksi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 yang mencapai 5,17%. Hal tersebut diharapkan dapat memicu kenaikan permintaan pasar terhadap kendaraan dan industri pendukungnya. "Ekspor juga sangat lancar dan diapresiasi pemerintah. Ekspor naik 28% dan pertumbuhan ekonomi sangat baik," kata Rizwan.

Terkait penjualan, Gaikindo juga mengumumkan penjualan mobil pada bulan Maret 2022 menembus rekor tertinggi dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Pada Maret 2022, penjualan wholesale mencapai angka 98.524 unit, sementara angka penjualan retail sepanjang bulan yang sama mencapai 89.811 unit.

Angka penjualan wholesale dan retail tersebut telah mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia pada kondisi normal, sebelum pandemi. kbc11

Bagikan artikel ini: